Cara Belajar Efektif agar Nilai Bagus di Sekolah Online

Selama sekolah online atau belajar secara online tanpa tatap muka, pastinya memiliki rasa ingin pergi belajar secara langsung atau tatap muka di sekolah dan bertemu dengan teman teman. Memang tidak dapat dikatakan kembali, rasa jenuh selama sekolah online atau belajar secara online tanpa tatap muka menjadi alasan seorang pelajar ingin bersekolah secara offline. 

Akan tetapi, rasa jenuh tersebut juga harus dilawan agar tetap mendapatkan nilai yang bagus. Untuk mendapatkan nilai bagus, tentu dimulai dari anda sendiri yaitu tidak boleh bermalas malasan. Anda harus rajin dalam belajar, rajin dalam menghafal, rajin dalam membaca kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnnya dan lain sebagainya. 

Namun, pada faktanya, tidak semua pelajar akan belajar dengan rajin dan tekun. 

Banyak yang malas belajar, bahkan ada yang membenci suatu mata pelajaran dikarenakan kesulitan dalam mempelajarinya. Hal tersebut dikarenakan mereka belum memiliki metoda belajar yang nyaman, efektif dan efisien di masa pandemi ini karena harus berbasis online. Banyak pelajar yang hanya belajar keras ketika ada ujian atau ulangan. 

Tentu saja cara tersebut sangat tidak disarankan dan berisiko lupa terhadap apa yang kita pelajari. Maka dari itu, diperlukan manajemen waktu dan beberapa cara belajar yang nyaman, efektif dan efisien. Pada artikel kali ini ada beberapa tips dan bagaimana cara belajar efektif agar mendapatkan nilai yang bagus di Sekolah pada waktu belajar secara online.Untuk itu yuk simak selengkapnya dibawah ini.


Cara Belajar Efektif agar Nilai Bagus di Sekolah Online

Cara Belajar Efektif agar Nilai Bagus di Sekolah Online


a. Opsi Waktu Belajar

Cara belajar efektif  yang pertama yaitu pentingnya anda manajemen waktu dalam belajar. Untuk anda seorang pelajar yang harus kalian lakukan adalah menentukan sebuah waktu yang dapat membuat kalian nyaman dalam belajar secara online. 

Untuk kebanyakan orang, belajar di pagi hari merupakan opsi waktu belajar yang nyaman, efektif dan efisien serta mudah untuk memahami pelajaran. Belajar di jam tiga hingga jam empat pagi akan membuat Anda mudah dalam memahami pelajaran, bahkan pelajaran yang dianggap sulit sekalipun. Anda dapat mencobanya dengan cara yang pertama ini.


b. Harus Konsisten dalam Belajar

Cara belajar efektif  yang kedua yaitu harus dilakukan secara konsisten dalam belajar. Belajar tidak perlu hingga berjam-jam, cukup 1 hingga 2 jam setiap hari saja. Yang terpenting adalah konsisten dalam melakukan pembelajaran. 

Daripada Anda belajar dengan waktu berjam jam ketika akan ujian, lebih baik Anda belajar setiap hari meskipun hanya 1 hingga 2 jam saja. Dengan begitu, Anda akan mudah mengingat apa yang telah Anda pelajari dan masih memiliki banyak waktu untuk mengulang pelajaran yang dianggap sulit.


c. Jangan malu bertanya apabila ada yang Kesulitan

Jangan pernah malu untuk bertanya. Tidak mungkin kita selalu mengerti semua materi yang diajarkan guru, atau selalu tahu setiap apa yang kita pelajari, pasti ada yang tidak kita ketahui dan kita anggap sulit. 

Maka dari itu tanyakan saja hal sulit tersebut kepada gurumu, pasti gurumu akan menjawabnya dengan senang hati, atau pada teman sekelasmu yang Anda anggap pintar, dengan begitu mungkin Anda akan lebih mudah paham.


d. Memanfaatkan Teknologi

Di era modern sekarang ini, kata Internet sudah tidak asing lagi di telinga kita. Gunakanlah internet untuk belajar. Jika melalui penjelasan guru, Anda masih belum paham, Anda bisa melihat tutorial tutorial di YouTube secara gratis ataupun di kelas kelas secara online yang berbayar. 

Sekarang sudah banyak sekali video pembelajaran di internet yang bisa anda jadikan alternatif apabila kesulitan memahami penjelasan dari guru.


e. Mengurangi Tidur Larut Malam

Banyak penelitian yang menunjukkan beberapa bahaya begadang bagi kesehatan maupun pikiran kita. Salah satunya yaitu sulit untuk berkonsentrasi dan mengingat sesuatu. Tentu saja ini akan mengahambat Anda dalam belajar. Karena dalam belajar dibutuhkan konsentrasi yang baik. 

Daripada tidur larut malam dan bangun siang, lebih baik tidur lebih awal sekitar jam 8 atau 9 dan bangun pagi sekitar jam 3 atau 4. Dengan begitu, otak kita akan lebih fresh dan mudah untuk berkonsentrasi dalam belajar.


f. Belajar Secara Berkelompok

Apabila anda kesulitan belajar sendirian, anda dapat mengadakan belajar secara berkelompok dengan mengajak teman teman anda untuk belajar bareng, terlebih ajaklah teman yang cerdas. 

Dengan begitu, apabila kalian ada kesulitan, kalian dapat saling membantu untuk menyelesaikannya. Opsi terakhir ini mungkin anda dapat mencobanya, semoga dapat berhasil.


Akhir Kata

Belajar secara efektif adalah sebuah hal yang dinginkan oleh seseorang dengan tujuan agar memiliki atau mendapatkan nilai terbaik dan bagus di sekolah, akan tetapi sulit untuk dilakukan bagi kebanyakan orang. 

Maka dari itu dimulai dari diri sendiri dan memiliki niat baik untuk masa depan serta mengingat cita cita anda agar tetap bersemangat dalam belajar. Mungkin itu saja yang dapat artikel ini bagikan, mengenai Cara Belajar Efektif agar Nilai Bagus di Sekolah Online. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel