Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Jamur Enoki bagi Tubuh, Meningkatkan Kesehatan

Jamur Enoki adalah bahan yang asing bagi banyak orang, termasuk beberapa penggemar jamur dan penikmat kuliner. Jamur yang dapat dimakan ini berbeda dari yang lain karena rasanya yang unik, penampilan yang menarik dan profil nutrisi yang mengesankan.

Jamur enoki juga telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat nutrisi jamur yang berbeda dan telah dipelajari dengan baik untuk efek anti-kanker, meningkatkan kekebalan tubuh.

Juga dikenal sebagai jamur jarum emas, jamur lily, jamur futu atau Flammulina velutipes , enoki adalah jenis jamur yang umum dalam masakan Asia. Ini berbeda dalam penampilan dari jamur yang dapat dimakan lainnya dan biasanya ditemukan dalam kelompok dengan batang putih panjang dan topi kecil di ujungnya.

Jamur ini tidak hanya sangat serbaguna dan mudah dimasukkan ke dalam masakan Anda, tetapi juga dikemas dengan nutrisi penting dan memberikan banyak antioksidan, serat, dan vitamin B di setiap sajian. Dalam banyak bentuk pengobatan tradisional, jamur enoki juga secara historis telah digunakan untuk mengobati masalah perut, mengatur tingkat tekanan darah dan meningkatkan kesehatan hati.

Apa lagi manfaat jamur enoki, bagaimana Anda menikmatinya dan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk memasukkannya ke dalam diet Anda? Mari kita lihat lebih dekat makanan obat ini dan beberapa pengaruhnya terhadap kesehatan Anda.

Manfaat Jamur Enoki bagi Tubuh, Meningkatkan Kesehatan

Manfaat dan Kegunaan

Jamur enoki tersedia dalam bentuk liar dan budidaya, keduanya dapat digunakan dalam berbagai resep jamur enoki yang berbeda. Jamur liar biasanya berwarna coklat muda dan memiliki batang yang lebih pendek dengan tutup yang besar. Anda biasanya dapat menemukan jamur enoki yang tumbuh di pangkal beberapa jenis pohon yang berbeda, termasuk pohon hackberry Cina, murbei , kesemek atau pohon ash.

Formulir yang dibudidayakan dapat ditemukan di pasar khusus atau dibeli secara online. Mereka berbeda dari bentuk liar karena warna putih dan batang yang lebih panjang, yang disebabkan oleh kurangnya paparan cahaya dan lingkungan yang kaya karbon dioksida di mana mereka tumbuh.

Rasa jamur enoki biasanya digambarkan sebagai ringan, namun sedikit manis dan buah. Ini cenderung memiliki tekstur yang kuat dan padat. Saat memilih jamur Anda, pastikan mereka segar; menghindari batang yang berubah warna, berlendir atau kenyal; dan cuci bersih sebelum dikonsumsi.

Ada banyak cara untuk menggunakan enoki jamur, seperti memasak dalam sup, ramen, tumis, mie dan telur dadar. Enoki adalah tambahan yang bagus untuk hidangan vegetarian apa pun, dan jamur ini cocok dengan resep daging, termasuk ayam, daging sapi, atau ikan segar.

 

Berikut adalah beberapa resep sederhana untuk membantu Anda memulai:

  • Resep Tumis Jamur Enoki : Tumis ini dibuat dengan beras merah dan lobak Swiss yang kaya nutrisi. Untuk rasa ekstra, Anda bisa menambahkan sedikit kecap atau pengganti kecap seperti tamari.
  • Pancake Jamur Enoki Korea : Pancake enoki, atau gorengan ini, mudah dibuat di rumah dan hanya butuh beberapa menit.
  • Resep Jamur Enoki Jepang dengan Mi Udon : Hidangan mie ini dibuat dengan sayuran, bumbu dan kecap. Untuk meningkatkan protein, Anda bisa mencoba memasaknya dengan ayam, daging sapi atau protein favorit Anda juga.

 

Sekarang setelah Anda tahu cara memasak enoki atau menambahkannya ke masakan mudah di rumah, Anda bisa merasa senang dengan banyaknya manfaat kesehatan jamur. Berikut adalah ikhtisar tentang mengapa Anda ingin melengkapi makanan Anda dengan jamur padat nutrisi ini:

1. Sangat Bergizi

Jamur enoki rendah kalori namun dikemas dengan daftar panjang vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Mereka sangat tinggi vitamin B seperti niasin, tiamin dan riboflavin, yang semuanya penting untuk fungsi otak, produksi energi, sintesis DNA dan banyak lagi.

Jamur enoki juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang baik, yang merupakan senyawa bermanfaat yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya untuk melindungi dari penyakit kronis. 


2. Mendukung Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat jamur enoki yang paling menjanjikan adalah pengaruhnya yang kuat terhadap kesehatan jantung. Faktanya, model hewan yang diterbitkan dalam BioMed Research International yang dirujuk di atas  menemukan bahwa hamster yang mengonsumsi ekstrak jamur enoki memiliki kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL jahat yang lebih rendah, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.


3. Dapat Membantu Melawan Sel Kanker

Studi in vitro dan model hewan telah menemukan bahwa jamur enoki dapat membantu melawan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Pada tikus, misalnya, protein spesifik dalam jamur terbukti  menurunkan aktivitas tumor dalam sel kanker hati.

Demikian pula, penelitian lain dalam jurnal Oncology Reports mencatat bahwa jamur enoki efektif menghambat pertumbuhan sel kanker payudara secara in vitro.

Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi potensi manfaat kesehatan jamur enoki dan memahami bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan kanker pada manusia.


4. Tinggi Serat

Setiap porsi jamur enoki memiliki nutrisi yang sangat baik. Jamur ini tidak hanya membawa banyak vitamin dan mineral penting, tetapi jamur enoki juga kaya serat , memeras 1,8 gram ke dalam satu cangkir.

Serat penting untuk beberapa aspek kesehatan, tetapi sangat penting untuk pencernaan. Studi menunjukkan bahwa makan lebih banyak serat dapat melindungi dari masalah seperti sembelit, wasir, tukak usus, divertikulitis, dan penyakit refluks gastroesofagus (GERD).


5. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian menemukan bahwa jamur enoki mengandung senyawa protein yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Faktanya, satu model hewan dari Taiwan benar-benar menunjukkan sifat peningkatan kekebalan dari jamur enoki, mencatat bahwa itu efektif untuk meningkatkan fungsi kekebalan dan mengurangi pertumbuhan tumor ketika diberikan pada tikus.


Risiko dan Efek Samping

Meskipun banyak keuntungan dari memakan jamur ini, ada beberapa kerugian yang harus Anda pertimbangkan juga. Meskipun umumnya dianggap aman untuk kebanyakan orang dewasa, mereka yang alergi jamur harus menghindari mengonsumsi jamur enoki. Selain itu, jika Anda mengalami gejala seperti bengkak, gatal-gatal atau gatal, hentikan penggunaan, dan bicarakan dengan dokter Anda.

Jika memetik jamur di alam liar, jangan bingung membedakan jamur enoki dengan Galerina marginata , sejenis jamur beracun yang bentuknya mirip. Namun, tidak seperti jamur enoki, jamur jenis ini memiliki tutup berwarna cokelat dengan cincin di tangkainya.

Penting juga untuk menyiapkan jamur dengan benar untuk menghindari efek samping yang merugikan. Banyak orang bertanya-tanya: Bisakah Anda makan jamur enoki mentah, dan apakah Anda harus mencucinya? Makan mereka mentah tidak dianjurkan; sebagai gantinya, memasak enoki dan menambahkannya ke saus, ramen, hidangan nasi, dan persiapan lainnya adalah yang paling aman.

Anda akan tahu mereka segar ketika ringan dan kering, dengan tekstur yang kuat. Untuk memperpanjang umur simpannya, simpan dalam tas di lemari es. Meskipun mungkin tergantung pada berbagai faktor yang berbeda, jamur ini biasanya dapat bertahan sekitar tujuh hingga 10 hari dengan penyimpanan yang tepat.


Akhir Kata

Jamur Enoki adalah jenis jamur yang umum dalam masakan Asia. Tidak hanya sangat serbaguna dan mudah untuk dimasukkan ke dalam masakan Anda, tetapi juga dikemas dengan nutrisi penting, memberikan antioksidan kuat, serat dan vitamin B di setiap sajian.

Dalam pengobatan tradisional, jamur enoki telah digunakan untuk mengobati masalah perut, mengatur tingkat tekanan darah dan meningkatkan kesehatan hati. Hari ini, Anda dapat menambahkan jamur yang dapat dimakan ini ke hidangan apa pun untuk tambahan nutrisi.

Makanan serbaguna dan bergizi ini juga membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan dan kesehatan jantung, sekaligus membantu pencernaan. Semoga bermanfaat.