Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak! Aplikasi Android Kini Sudah dapat Digunakan di Windows 11

Untuk Anda pengguna aplikasi android, tentunya Anda sangat senang mendengar informasi sekarang ini. Ya, Microsoft akhirnya membuka akses untuk bisa menjalankan aplikasi Android di Windows 11, yang sudah bisa dicoba oleh beta tester yang tergabung ke Windows Insider Program. 

Adapun nama resmi fiturnya adalah Windows Subsystem for Android, dimana para beta tester yang memakai perangkat dengan prosesor Intel, AMD, dan Qualcomm sudah bisa menjalankan aplikasi Android di Windows 11.

Akses ke aplikasi Androidnya sebenarnya dapat diakses di Microsoft Store. Namun, saat akan diinstal pengguna akan diarahkan ke Amazon App Store. Meski berjalan lewat virtualisasi, aplikasi Android ini bisa dijalankan berbarengan dengan aplikasi Windows lain. 

Selain itu, pengguna bisa memakai Alt+Tab untuk berpindah antar aplikasi. Notifikasi dari aplikasi Android ini bisa dilihat di Action Center dan juga bisa berbagi clipboard antara aplikasi Windows dan Android. 


Hal tersebut untuk membangun pengalaman pengguna dengan mendahulukan aksesibilitas. Banyak pengaturan aksesibilitas Windows bisa digunakan di aplikasi Android dan melalui kerja sama bersama Amazon maka akan ada peningkatan aksesibilitas. 

Aplikasi Android yang sejauh ini sudah tersedia di Windows, diantaranya adalah sebagai berikut.

Simak! Aplikasi Android Kini Sudah dapat Digunakan di Windows 11

Simak! Aplikasi Android Kini Sudah dapat Digunakan di Windows 11

Aplikasi Android

a. Lords Mobile

 Lords Mobile adalah game strategi yang dikembangkan oleh IGG   yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali. 

Lords Mobile   merupakan salah satu game strategi terkeren yang paling diminati   saat ini. Dengan bermain game Lords Mobile, Anda akan   merasakan bagaimana membangun kerajaan sendiri dan juga dapat   bertempur dengan jutaan pemain global lainnya. 

Kini, aplikasi Lords Mobile tidak hanya dapat diakses melalui ponsel Android saja. Aplikasi Lords Mobile pun sudah bisa diakses di Windows 11. Yuk! Jelajahi dunia sihir eksotis yang dilanda kekacauan oleh monster seram dan musuh yang kuat. Pilih hero favorit Anda, cari teman, dan maju perang tanpa takut! Kalahkan musuh Anda dan bangun kerajaan sebesar mungkin!



b. June's Journey
June’s Journey merupakan game Android yang dirilis Wooga. Game ini mengusung genre petualangan. June’s Journey memiliki dua tipe gameplay utama. Jenis pertama adalah Hidden Object Scenes di mana Anda mencari item yang tersembunyi di layar. 

Jenis kedua adalah pengelolaan perkebunan June di Pulau Anggrek, tempat Anda dapat membangun, mendekorasi, dan menemukan wilayah baru saat cerita terungkap.



c. Lego Duplo World
Lego Duplo World adalah game Lego yang sempurna untuk membantu balita dan anak prasekolah belajar sambil bersenang-senang. 

Game ini dikemas dengan game pembelajaran yang akan disukai anak-anak usia 2-5 tahun. 

Game ini dikemas dalam game luar biasa yang menampilkan binatang, bangunan, kendaraan serta kereta seru untuk memberi inspirasi imajinasi dan kreativitas anak.



d. Khan Academy Kids
Khan Academy Kids merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan pembelajaran berbasis permainan atau game-based learning. 

Khan Academy Kids sendiri merupakan aplikasi yang berada di bawah naungan Khan Academy, sebuah organisasi nonprofit yang bergerak di bidang pendidikan secara gratis dan dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja. 

Khan Academy didirikan oleh  Salman "Sal" Khan, seorang edukator asal Amerika yang memiliki misi untuk membangun sebuah kelas daring gratis untuk semua orang yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Saat ini, baru Windows 11 dengan region AS yang bisa menggunakan fitur Windows Subsystem for Android. 

Pengguna harus mempunyai akun Amazon berbasis AS untuk mengakses Amazon App Store. Belum diketahui berapa banyak aplikasi Android yang nanti akan tersedia saat fiturnya dibuka luas oleh Microsoft. 

Cara kerja fitur ini adalah dengan menggunakan subsistem yang dibuat Microsoft di Windows 11 yang mendukung aplikasi Android. Subsistem ini termasuk kernel linux dan Android OS berbasis Android Open Source Project (AOSP) versi 11.


Akhir Kata

Itulah informasi terkait Aplikasi Android Kini Sudah dapat Digunakan di Windows 11. Semoga bermanfaat.