Belajar Seo On Page Dasar bagi Pemula

Belajar Seo On Page Dasar bagi Pemula. Bagi anda para blogger, memiliki konten yang popular pasti menjadi keinginan yang terus ingin diwujudkan. Untuk memiliki postingan yang popular, tidak cukup dengan hanya menulis artikel sebaik mungkin. 

Menulis artikel secara baik pun memanglah bagus, akan tetapi menulis artikel yang mampu menarik perhatian orang banyak dan ramah dimesin pencarian itu jauh lebih bagus. Karena, jika artikel anda ramah mesin pencarian, maka artikel Anda akan lebih mudah berada di halaman pertama Google dan diburu banyak pengunjung.

Lalu bagaimana cara menulis artikel di halaman pertama Google? Untuk melakukannya, anda perlu mengetahui bagaimana menulis artikel SEO friendly, untuk itu mari kita belajar SEO On Page dasar untuk kita sesama pemula.

Apa yang dimaksud dengan artikel SEO Friendly? Artikel Seo Friendly adalah penulisan artikel yang mengikuti bedasarkan aturan algoritme Google yang terbaru sehingga blog atau website anda dapat menarik perhatian minat pengunjung ataupun pembaca.

Dan bagaimana cara menulis artikel Seo On Page maupun SEO friendly dengan mudah bagi pemula? Berikut adalah cara yang mudah dan praktis untuk dicoba untuk kita sesama pemula. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.


Belajar Seo On Page Dasar bagi Pemula

Cara Menulis Artikel SEO Friendly dengan Mudah bagi Pemula

a. Menggunakan Kata Kunci yang Tepat

Cara pertama menulis artikel secara SEO Friendly agar berada di On Page mesin pencarian Google adalah menggunakan kata kunci yang tepat, yaitu kata dengan volume pencarian yang besar, persaingan yang kecil, dan sesuai dengan niche blog anda tentunya.

Kata kunci dengan volume pencarian besar menunjukkan bahwa kata kunci tersebut banyak dicari oleh orang-orang. 

Jadi, jika Anda menulis suatu artikel dengan menggunakan kata kunci yang dicari orang banyak, artikel Anda akan berpotensi menarik banyak pembaca.Selain menggunakan kata kunci dengan volume pencarian besar, Anda juga dapat menggunakan kata kunci dengan persaingan kecil. 

Karena, nantinya akan memudahkan Anda memenangkan first page dan posisi tinggi di mesin pencarian Google. 

Selain itu, Anda juga harus memilih kata kunci yang sesuai dengan niche blog Anda. Karena, ini akan membantu agar konten Anda tetap relevan dan sesuai dengan kebutuhan pengunjung blog Anda. Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, Anda bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. 

Beberapa tools riset kata kunci gratis yang dapat Anda gunakan diantaranya melalui Ubersuggest, KWFinder, atau Google Trends. 


b. Mengerti keinginan pengunjung dan mengambil sudut pandang yang Unik

Seketika pengunjung mendapatkan informasi yang mereka inginkan, mereka tentu akan berlama-lama di artikel Anda. Ini membuat Google menganggap artikel Anda bermanfaat dan perlu mendapat posisi tinggi di mesin pencarian. 

Oleh sebab itu, anda harus mengerti akan keinginan pengguna atau pengunjung.

Dan dengan mengambil sudut pandang yang unik, ini dapat membuat artikel anda lebih menonjol. Akan tetapi, anda tetap harus memerhatikan keinginan pengguna atau pengunjung.


c. Memperhatikan struktur artikel dan menulis bagian pembuka dengan Baik

Cara selanjutnya adalah belajar Seo On Page dasar bagi pemula yaitu dengan memperhatikan struktur artikel dan menulis bagian pembuka dengan Baik. Cara ini digunakan untuk memperlancar proses menulis. Selain itu, dengan memperhatikan struktur artikel, maka itu akan memudahkan pengunjung memahami artikel Anda.

Dan yang bisa Anda lakukan adalah menulis bagian pembuaka artikel dengan baik agar memberikan kesan yang baik juga serta membuat pembaca akan betah berlama lama membaca artikel Anda. 


d. Menggunakan teknik piramida terbalik dan fokus pada satu topik yang dibahas

Cara berikutnya adalah menggunakan teknik piramida terbalik dan cukup dan fokus pada satu topik yang dibahas.

Apa yang dimaksud teknik piramida terbalik? Piramida terbalik adalah teknik penulisan dimana Anda menaruh informasi paling penting di bagian awal, lalu diikuti oleh penjelasan lebih detail, dan diakhiri dengan informasi tambahan. 

Dan pastikan anda fokus membahas satu topik saja dalam artikel anda agar informasi yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tidak membingungkan pengunjung atau pembaca.


e. Kurangi keyword Stuffing dan perbanyaklah penggunaan kata sambung yang Tepat

Belajar Seo On Page dasar selanjutnya adalah hindari keyword stuffing dan perbanyaklah penggunaan kata sambung yang tepat.

Apa yang dimaksud keyword stuffing? Keyword stuffing adalah menambahkan kata kunci dengan berlebihan. Tentu cara tersebut bukanlah penulisan yang dianjurkan karena dapat mengganggu fokus terhadap pembaca, menjadikan keyword yang anda gunakan di dalam artikel sebagai spam.

Selain itu anda dapat memperbanyak penggunaan kata sambung untuk menghubungkan antar kalimat dan antar paragraf. Cara tersebut digunakan dengan tujuan membantu pembaca memahami hubungan antar ide di dalam artikel.


f. Tautkan Internal Link dan External Link

Belajar Seo On Page dasar berikutnya yang dapat anda gunakan untuk menulis artikel secara SEO Friendly agar tampil di On Page Google adalah dengan menambahkan internal link dan eksternal link di dalam artikel pada postingan blog atau website anda. 

Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu blog atau website yang sama. 

Sedangkan external link adalah link yang merujuk ke halaman blog atau website lain. 

Cara tersebut dapat Anda gunakan untuk meningkatkan traffic pada blog maupun website anda karena nantinya Google akan lebih mudah mengindeks blog ataupun website anda.


g. Menambahkan Konten Visual dan Mengoptimasi Gambar

Teknik selanjutnya adalah Anda juga dapat menyelipkan konten visual seperti gambar, infografis, ataupun ilustrasi di dalam postingan artikel Anda.

Cara ini ditujukan agar pembaca lebih nyaman dalam membaca postingan artikel Anda.

Untuk memperoleh konten visual, Anda bisa mendapatkan konten visual dari website stok foto terbaik dan gratis seperti pixabay, unsplash ataupun pexels.

Dan yang dapat anda gunakan untuk menulis artikel agar SEO Friendly adalah silakan anda mengoptimasi gambar yang anda gunakan didalam artikel pada postingan blog Anda. 

Bertujuan, agar menghemat sumber daya penyimpanan, waktu loading website jadi lebih cepat, dan kenyamanan pembaca maupun pengunjung lebih terjaga dengan baik.


h. Menambahkan heading dan usahakan menulis artikel memiliki panjang yang optimal

Teknik berikutnya adalah menambahkan heading dan usahakan menulis artikel memiliki panjang yang optimal.

Apa yang dimaksud heading? Heading adalah judul dari bagian artikel yang menjelaskan sebuah informasi tertentu.

Dengan menambahkan heading di artikel anda, maka pembaca akan lebih mudah menemukan pokok bahasan artikel Anda.Cara ini dapat Anda gunakan untuk menulis artikel Seo On Page.

Lalu tulislah artikel dengan panjang artikel yang optimal. Menulis artikel minimal 350 kata agar Google bisa memahami topik Anda. Untuk hasil lebih baik, Anda dapat menggunakan 1000 hingga 2500 kata. 


i. Meperhatikan komponen Teknis suatu Blog dan memastikan tidak melakukan kesalahan dalam Penulisan

Membuat artikel SEO agar berada dihalaman mesin pencarian tentu tidak hanya mengharuskan anda memperhatikan kalimat dan paragraf, akan tetapi juga komponen teknis suatu blog. 

Tujuannya agar artikel anda terlihat menarik dan bisa bersaing di hasil mesin pencarian terutama di Google.

Untuk anda yang sampai saat ini masih sering typo dalam mengetik, anda dapat belajar mengurangi typo. Karena, untuk memposting suatu artikel, anda harus memastikan agar anda tidak melakukan kesalahan penulisan di dalam sebuah artikel anda. Semisal typo, penggunaan tanda baca yang tidak tepat dan tata bahasa yang keliru. Kesalahan penulisan tersebut dapat menyebabkan mengurangi dan merusak pengalaman pengunjung maupun pembaca dan menurunkan kwalitas artikel Anda. 


j. Konsisten memposting dan mempromosikan artikel

Konsisten memposting artikel juga sangat penting sebagai salah satu opsi membantu artikel agar SEO On Page. Karena, dengan memposting artikel baru, berarti anda dapat memberi manfaat lebih ke para pembaca berupa informasi yang aktual sekalian memberi kesan positif terhadap Google bahwa blog anda aktif. 

Dengan itu, Google tidak akan ragu untuk memposisikan artikel anda di posisi pertama pada halaman Google

Selain itu, anda memanfaatkan untuk membantu artikel anda SEO On Page adalah mempromosikan artikel Anda sendiri. 

Dengan bertujuan untuk menambah jumlah visitor dan memberi kesan baik terhadap Google karena artikel anda memang banyak dibaca serta dibutuhkan. 


Akhir Kata

Itulah bagaimana Belajar Seo On Page Dasar bagi Pemula. Teknik Seo yang dapat anda gunakan dalam menulis sebuah artikel agar artikel anda dapat bersaing di halaman pencarian Google. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel