Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Google Analystics ke Blogger

Cara atau tips menambahkan atau menghubungkan Google Analystics ke sebuah Blogger. Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menunjukkan statistik akurat dan lalu lintas waktu nyata ke blog Anda. Lalu lintas waktu nyata, Anda akan tahu dari mana lalu lintas berasal, jumlah orang yang saat ini melihat blog Anda dan jumlah waktu yang dihabiskan setiap pengunjung di blog Anda. 

Selain itu Anda akan mengetahui jumlah pengunjung unik ke blog, pengunjung baru, pengunjung kembali, rasio pentalan dan banyak lagi. Untuk mengakses fitur ini Anda harus membuat Google analytics untuk melacak blog Blogger Anda . Hanya dalam beberapa langkah Anda dapat dengan mudah menginstal Google analytics di blog Blogger.

Google Analystics

  1. Buka Google Analytics dan login dengan akun Blogger atau Gmail Anda.
  2. Sekarang klik daftar untuk mulai menggunakan Google Analytics.
  3. Anda sekarang akan melihat dua fitur seperti Google analytics untuk situs web dan aplikasi seluler. Cukup pilih Situs Web.
  4. Sekarang isi semua detail yang diperlukan di bawah ini seperti nama akun, nama situs web, URL, kategori, dan zona waktu
  5. Klik Dapatkan Id Pelacakan di bagian bawah layar setelah selesai.
  6. Sekarang setujui syarat dan ketentuan Google Analytics.
  7. Google Analytics sekarang memberi Anda ID Pelacakan (UA-210933678-1) dan kode pelacakan. Biarkan halaman tetap terbuka dan lanjutkan ke blog Blogger Anda

Cara menyimpan ID dan kode pelacakan Google analytics di blog Blogger

Di blog Blogger Anda, Anda harus menyiapkan dua hal, satu adalah ID pelacakan dan yang lainnya adalah kode pelacakan .


Menambahkan ID pelacakan Google Analytics

Masuk ke dasbor blog Blogger Anda dan buka pengaturan > lainnya . Sekarang di bagian bawah Anda akan melihat bidang untuk ID properti analitik Google. Cukup tempel ID pelacakan di sana dan klik simpan pengaturan. Sekarang Anda harus menambahkan kode pelacakan JavaScript di blog Anda.


Menambahkan kode pelacakan analitik Google di Blogger

Anda harus menambahkan kode pelacakan ini di template blog Anda dan jadi buat cadangan template Blogger Anda sebelum melanjutkan ke langkah ini.

  1. Di dasbor Blogger Anda, buka template lalu edit HTML 
  2. Sekarang tekan CTRL + F dan cari tag </head> . 
  3. Sekarang Anda akan melihat <b: include data='blog' name='google-analytics'/> tepat di atas tag </head>.
  4. Jika Anda menggunakan template khusus maka Anda tidak akan melihat ini. Jika demikian, cukup tempel kode pelacakan kode pelacakan JavaScript tepat di atas tag </head> dan simpan template.
  5. Di Google Analytics klik Admin di sudut kanan atas dan pilih properti lalu ke info pelacakan .
  6. Sekarang Anda akan melihat status pelacakan. 
  7. Di Google Analytics, buka halaman pengaturan properti dan di bagian bawah kaitkan situs alat webmaster Anda . Dengan mengasosiasikan, Anda akan melihat data webmaster di laporan analitik Google Anda.


Akhir Kata

Google Analytics memperbarui laporan situs Anda setiap hari. Jadi tunggu saja selama 24 jam untuk melihat data blog Anda di Google Analytics. Semoga posting ini membantu Anda tentang cara menambahkan Google Analytics ke blog Blogger. Semoga berhasil.