Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak! Optimasi SEO Blogger Lengkap Terbaru untuk Pemula

Belajarjp.com - Simak! Optimasi SEO Blogger Lengkap Terbaru untuk Pemula. SEO merupakan kependekan dari kata Search Engine Optimization yang perlu dilaksanakan agar artikel dapat ada di halaman pertama Google. 

Page One Google adalah tujuan penting sebuah blog agar bisa menghadirkan pengunjung yang banyak. Tidak cuma memerhatikan Template Blogger saja yang SEO Friendly tapi juga memerhatikan kualitas conten yang dibentuk.

Algoritma Google yang selalu berbeda, taktik SEO juga selalu harus diingat. Apabila tidak, susah untuk berkompetisi di halaman utama pencarian. Untuk mempermudah Anda, Kesempatan ini membagikan artikel belajar SEO di blogspot ini menjadi beberapa bagian penting. Untuk mengenali tips trik nya silahkan Simak apa saja Optimasi SEO Blogger Lengkap Terbaru untuk Pemula.


Simak! Optimasi SEO Blogger Lengkap Terbaru untuk Pemula

Optimasi SEO Blogger

Membuat Judul Blog Yang SEO

Supaya banyak memiliki pengunjung dan menjadi satu diantara teknik optimasi SEO Blogger, pakai logo dan judul yang memikat supaya pengunjung tertarik untuk kembali lagi ke halaman situs Anda. Logo dan judul ini umumnya jadi magnet yang terkuat supaya bisa menarik beberapa pengunjung, baru kemudian bahan bacaan atau isinya.


Judul Yang Dibuat Agar Artikel Tertarget Dengan Kata Kunci Di Depan

Ada beberapa penulis Blogger yang ngawur membuat judul artikel hingga berpengaruh yang sia sia conten itu. Judul yang merupakan tertarget adalah meletakkan kata kunci di depan dan memberi kata tambahan yang terkait. Untuk memperoleh judul yang bagus dapat mengerjakan Riset terlebih dulu memanfaatkan Tools tertentu.


Membuat Judul Artikel Yang Menggundang Klik Pengunjung

Saat artikel kita tampil dihalaman utama Google upayakan membuat yang semenarik mungkin. Meskipun ada di Page One Google belum pasti pengunjung tersebut melakukan klik apabila kurang menarik. Buatlah sangat menarik seakan orang yang menyaksikannya ingin tahu. Langkah ini bisa terbuktikan efisien baik di Google atau saat melakukan pencarian di halaman utama Youtube.


Membuat Artikel Panjang Dan Lengkap

Mempunyai artikel dalam jumlah kata di atas 500 atau lebih dari 1000 termasuk baik. Yang penting menjadi perhatian di sini adalah pengelompokan tiap paragraf. Tidak boleh ada perulangan ulasan sehingga susunan bahasa dapat terbaca oleh google. Membuat kerangka artikel dahulu agar simpel dalam penataan bahasa saat Anda mengonten.


Membuat Internal Link Antar Artikel

Internal link benar-benar diperlukan dalam tiap artikel yang dibikin agar pengunjung makin lama ada di blog Anda. Penting menjadi perhatian jika ada dua jenis internal link yang dapat digunakan. Saya lebih merekomendasikan Anda memanfaatkan yang manual dibanding yang otomatis agar Linknya sesuai yang dikupas. Jumlahnya internal link minimum 3 dan banyak bisa disamakan dengan kebutuhan atau yang relevan dengan Artikel yang ingin kita posting.


Membuat Eksternal Link Ke Blog Yang Relevan

Beberapa penulis blog menghindar ada pemberian External Link ke situs lain. Tapi malah bila anda membuat Link ke situs yang lain berkaitan atau sesuai artikel yang diulas akan kian baik. Memanfaatkan link Dofollow tidak boleh Nofollow karena dari beberapa pembelajaran yang saya baca lebih merekomendasikan semacam itu.


Kata Kunci Density Tidak Boleh Terlalu Banyak

Density adalah sebuah kata kunci tertentu pada sebuah artikel. Tidak boleh kebanyakan mengulang-ulang sebuah keyword yang terlalu banyak karena akan berpengaruh jelek pada kualitas conten. Mengatur keywordnya secara baik dan ditebar ke banyak paragraf agar kelihatan baik. Menggunakan kalimat yang mudah dimengerti dan nyaman dibaca.


Memperbanyak Kata Kunci Dalam Artikel

Orang yang terlatih menulis tentu saja akan banyak kalimat baru yang ada dalam Posting. Bikinlah kata kunci turunan yang terkait karena makin bertambah kosa kata di dalam artikel yang kalian buat akan kian baik. Tidak cuma judul artikel saja yang akan terdeteksi Google tapi kalimat dalam Tulisan Situs dapat terbaca.


Pemanfaatan Bold, Italic dan Underline

Penting pemanfaatan Bold (Tulisan Tebal), Italic (Tulisan Miring) dan Underline (Tulisan bergaris bawah). Tetapi berhati-hati apabila penggunaanya kebanyakan karena tidak bagus di mata google. Penandaan kalimat itu manfaatkan sekedarnya pada kata-kata yang perlu atau yang penting menjadi perhatian.


Mendalami Kegunaan H1, H2, H3 dan H4

Ketahui secara dasar saja mengenai Heading, Subheading, Minor Heading, Normal. Tidak boleh memanfaatkan terlalu berlebih karena akan berpengaruh fatal. Pakai sebagai dasar SEO yang bagus khususnya peletakan Judul dan Kata Kunci yang akurat. Dengan membuat artikel secara alami dan orisinal lebih bagus lagi tentunya.


Membuat Deskripsi Postingan

Saat menulis artikel kita tentu saja membuat Label di sisi kanan dan dibawahnya ada tempat isi Deskripsi Postingan. Anda dapat isikan dengan panjang kata sekitaran 50 kata sesuai keperluan. Isi dalam kata kunci inti dan keyword turunan yang terkait agar mengundang perhatian saat bertampil di halaman utama Google atau Mesin pencarian.


Membuat Navigasi Situs yang SEO

Navigasi berperan sebagai menu untuk memudahkan penelusuran conten. Saat Anda cari conten yang diharapkan, mekanisme navigasi yang ada akan menolong Anda mendapatinya dengan opsi kategori. Umumnya navigasi berada di atas atau samping situs Blog. Tetapi tidak sekedar terpisahkan menurut kategori, beberapa memanfaatkan tag dan arsip untuk mekanisme navigasinya. Anda dapat pilih salah satunya antara ke-3 nya.


Optimasi Search Bar

Ini ialah langkah optimasi SEO Blogger yang harus berada di tiap situs besar. Sudah pasti fungsinya supaya pengunjung ringan saat menelusuri tiap halaman situs Anda.


Konsisten dalam Membangun isi Blog

Bukan hanya mengutamakan isi pada blog itu, supaya bisa ter SEO secara baik, Anda harus dapat menjaga konsistensi konten yakni kemiripan konten di antara halaman sekarang ini ke halaman seterusnya, demikian seterusnya saat Anda membuat konten.


Memilah milih Warna dan Kontras untuk Blog Anda

Opsi warna jelas sudah jadi hal yang paling diprioritaskan karena warna jadi daya magnet tertentu untuk pengunjung. Jangan pernah Anda melakukan kekeliruan fatal dalam penyeleksian warna di situs sampai menyebabkan pengunjung kesusahan saat membaca conten di situs. Masukkan kontras untuk mengundang perhatian pengunjung. Dengan ini pengunjung langsung akan tahu mana kalimat penting dari sebuah conten.


Lihat Pemanfaatan Teks dan Paragraf

Anda harus juga memerhatikan kekeliruan dalam teks dan paragrafnya. Seharusnya jauhi memanfaatkan font teks yang kekecilan, situs Anda akan kelihatan sesak dan susah dibaca. Disamping itu, lihat ukuran perbedaan di antara teks paragraph dengan judul yang ada. Upayakan ukuran judul semakin besar dibanding isi teks.


Link

Lihat untuk alamat link url umumnya memanfaatkan garis bawah. Dengan ini pengunjung langsung akan tahu jika kalimat itu merupakan link ke arah halaman yang lain.


White Space

Pakai white space atau area kosong untuk pisahkan beberapa menu yang diutamakan. Sudah pasti fungsinya supaya beberapa pengunjung dapat konsentrasi dalam menu inti. Disamping itu, ruangan kosong bermanfaat supaya pengunjung dapat semakin nikmati halaman itu tanpa berasa sesak dan cape.


Pemanfaatan Widget

Sesuaikan dengan situs Anda, walau mempunyai banyak widget tidak boleh memanfaatkan semua widget itu di situs Anda. Coba satu persatu, tentukan widget yang paling bermanfaat untuk pengunjung Anda nanti untuk kedepannya.


Setting Feed Situs menjadi Pendek

Banyak beberapa Blogger malas mengerjakan hal nakal dengan mengambil conten lewat RSS Feed. Dengan mengerjakan ini karena itu memberikan kerugian penulis artikel karena terjadi Duplikat Conten. Agar tidak dapat diculik secara otomatis dapat melakukan setting RSS Feed yakni:

  • Anda masuk ke Daskboar Blogger
  • Lalu pergi ke Setelan 
  • Setelah itu lihat Feed Situs 
  • Selanjutnya anda dapat Izinkan Feed Blog (Pilih Pendek)


Aktifkan Tag Meta Deskripsi Penelusuran

Peranan dari Tag Meta Deskripsi di Blog adalah agar google bisa mengetahui informasi situs blog kita. Dapat dilihat saat memperoleh sitelink di teras google karena itu ada keterangan mengenai Situs kita dibawahnya. Langkah mengaktifkannya yaitu:

  • Anda masuk ke Daskboard Blogger 
  • Lalu pergi ke Setelan
  • Cari Tag Meta
  • Setelah itu Anda Aktifkan Deskripsi Penelusuran (Isi informasi Maksimum 500 Karakter).


Aktifkan Tag Judul dengan Robot Khusus

Untuk Robot.txt saya cenderung pilih biarkan secara Standar (Tidak diaktifkan). Dan untuk Tag Judul Robot Khusus saya sedikit lakukan settingan agar tidak ada Duplikat Content Halaman Arsip). Triknya yakni:

  • Anda masuk ke Daskboard Blogger
  • Lalu Pergi ke Setelan
  • Cari Crawler dan pengindeksan
  • Setelah itu Setting dibagian Tag halaman Beranda (all,noodp), Tag arsip dan halaman penelusuran (all, noodp), dan Tag postingan dan halaman (all,noodp)


Memberi Judul Text dan Alt Text pada Gambar

Dengan memberi Judul pada Gambar karena itu mempermudahkan mesin pencari mengetahui. Tidak cuma artikel yang dapat ada di Page One google tapi gambar bisa juga bahkan juga dapat datangkan traffic. Triknya cukup mudah yaitu:

  • Anda Klik pada Gambar Anda
  • Lalu Pilih simbol Mesin atau Pengaturan
  • Setelah Masukan Teks Alternatif dan Teks Judul sama sesuai gambarnya.


Memanfaatkan Template SEO Friendly

Jangan cuman memutuskan Template ditambah lagi memanfaatkan Template Gratis yang diambil di teras Google. Gunakanlah Template Premium dengan membeli langsung ke Pemilik Template. Putuskan yang SEO Friendly.


Optimalkan User Experince

Pengalaman pengguna waktu ada di Blog kita penting sebagai dasar penilaian Google. Kian pembaca terlalu lama maka semakin baik dan tentu saja dapat tingkatkan Rank Blog. Lihat penampilan template agar pengunjung betah dan nyaman. Yang paling utama lagi yaitu kualitas conten yang sesuai keperluan pembaca.


SEO On Page

Optimasi pada website tersebut dimulai dari pemilihan Template s/d teknik penulisan artikel telah terhitung SEO On Page yang baik. Kerjakan tahapan-tahapan Settingan Blogger di atas, penulisan artikel yang benar s/d pengerjaan internal dan Eksternal link yang baik karena itu dapat ditegaskan hasilnya optimal.


SEO Off Page

Disamping On Page ada istilah Off Page yakni mengerjakan optimasi Situs dengan mencari bantuan Backlink di Luar. Cari Komunitas yang memberi Backlink Doffolow lalu meninggalkan Link artikel aktif disitu. Juga bisa memanfaatkan layanan Conten Placement sama seperti yang berada di Blog Belajarjp.com ini tapi kalian perlu mengeluarkan biaya.


Akhir Kata

Untuk Anda pemula blogging, mengaplikasikan beberapa langkah di atas bisa menjadi cara yang pas dan membuat Anda sukses di dunia Blogger. Apabila sudah memahami mengenai SEO saat ini tinggal bagaimana mempraktikkannya. Sebagai lawan khusus membuka metode SEOnya akan tetapi tingkat kemalasan dalam membuat artikel. Buat yang baru mengawali belajar menulis upayakan dengan belajar menyusun kata dan mengarang sebuah kalimat. Banyak membaca dapat menolong mempermudahkan dalam penulisan. Terimakasi sudah mengunjungi Belajarjp.Com

Bila memandang pengalaman dalam penulisan artikel agar lancar karena itu lakukan menulis tiap hari. Apabila anda bekerja dalam suatu Perusahaan karena itu sempatkan diri sekitaran satu jam di saat malam hari. Optimasi SEO ini tentu dapat kita kerjakan asal mempunyai tekad yang Kuat. Selamat menulis dan sampai jumpa di Page One Google. Itulah artikel terkait Optimasi SEO Blogger Lengkap Terbaru untuk Pemula. Semoga bermanfaat.