Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Praktis Menambahkan Beberapa Tautan ke Bio Instagram

Inilah dua Cara yang mudah dan praktis menambahkan beberapa tautan atau link ke Bio di Instagram. Jika Anda pengguna Instagram yang antusias dan ingin meningkatkan fungsionalitas profil Anda, mungkin Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara menambahkan beberapa tautan ke bio Instagram Anda. 

Dalam artikel ini, kita akan memandu Anda tentang cara menambahkan satu tautan, beberapa tautan, atau URL kustom ke bio Instagram Anda, memungkinkan Anda untuk meningkatkan kehadiran dan mempromosikan konten Anda dengan lebih efektif.


2 Cara Praktis Menambahkan Beberapa Tautan ke Bio Instagram

2 Cara Praktis Menambahkan Beberapa Tautan ke Bio Instagram

Menambahkan tautan ke profil Instagram telah menjadi salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh para pencipta konten. Jadi, berbeda dengan sebelumnya, Instagram sekarang memungkinkan para pencipta dan akun bisnis untuk menambahkan hingga 5 tautan. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pembuat tautan pihak ketiga untuk menambahkan beberapa tautan. Mari tunjukkan langkah-langkahnya untuk kedua cara tersebut. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukannya. Mari kita lihat.

Instagram memungkinkan Anda untuk menyertakan satu atau beberapa tautan di bio Anda; tergantung pada lokasi geografis Anda, fitur ini mungkin atau mungkin tidak tersedia di lokasi Anda.

Pertimbangkan apa yang mungkin menarik atau menarik perhatian audiens Anda ketika memilih tautan untuk disertakan. Ini bisa berupa tautan ke situs web Anda, pos blog terbaru, video YouTube, atau halaman arahan dengan penawaran eksklusif.

Tautan seringkali panjang dan berantakan, yang mungkin tidak terlihat menarik secara visual di bio Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan pemendek tautan seperti Bitly, TinyURL, atau layanan pihak ketiga (seperti yang kita jelaskan secara rinci di bawah) untuk membuat tautan yang bersih dan ringkas.


Tautan ke Bio di Instargam

Pastikan bahwa tautan yang Anda sertakan sesuai dengan pedoman komunitas Instagram, aman, dan mengarah ke situs web yang sah. Hindari menyematkan tautan ke situs web yang mencurigakan atau spam, karena hal itu dapat berdampak negatif pada kredibilitas Anda atau mengakibatkan larangan pada akun Anda.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda dapat memaksimalkan penggunaan tautan di bio Instagram Anda dan secara efektif mengarahkan audiens Anda ke tempat yang Anda inginkan. Dengan demikian, mari kita mulai dengan langkah-langkahnya.


1. Cara Menambahkan Tautan ke Bio di Instagram menggunakan fitur Original

Fitur asli Instagram memungkinkan pengguna mengubah tautan di bio mereka sesering yang diperlukan, memungkinkan mereka beradaptasi dengan berbagai strategi pemasaran, acara, atau pembaruan. Mari mulai dengan menambahkan satu tautan ke bio Instagram Anda.


Menambahkan Satu Tautan ke Bio IG

Menambahkan tautan ke bio Instagram memungkinkan pengguna Instagram menyertakan satu URL yang dapat diklik dalam bagian bio mereka. Ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Instagram, dan dari layar beranda, pergilah ke Profil Anda di bilah navigasi bawah.
  2. Ketuk tombol Edit Profil.
  3. Pada layar berikutnya, ketuk Tambahkan Tautan. Anda akan dibawa ke layar Tautan, di mana Anda akan melihat dua opsi; 'Tambahkan tautan eksternal' atau 'Tambahkan tautan Facebook.' Jika Anda hanya ingin menambahkan profil Facebook Anda ke Instagram Anda, ketuk untuk menambahkan tautan profil. Tetapi jika Anda ingin menambahkan tautan eksternal, lanjutkan dengan langkah-langkah di bawah.
  4. Di layar Tautan, pilih 'Tambahkan tautan eksternal' dan tambahkan URL serta Judul URL di layar berikutnya.
  5. Selanjutnya, ketuk ikon centang (Selesai) di sudut kanan atas.

Itu saja. Anda telah menambahkan tautan ke profil Instagram Anda dengan mudah. Jika Anda ingin menambahkan lebih dari satu tautan ke bio Instagram Anda, lanjutkan membaca.


Menambahkan Beberapa Tautan ke Bio Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram, dan dari layar beranda, pergilah ke Profil Anda di bilah navigasi bawah.
  2. Di profil, ketuk tombol Edit Profil.
  3. Pada layar berikutnya, ketuk Links.
  4. Begitu berada di layar Links, ketuk 'Tambahkan tautan eksternal.'
  5. Tambahkan URL dan Judul URL di layar berikutnya dan ketuk ikon centang (Selesai).

Tipsnya untuk mengubah urutan tautan yang ditambahkan, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan ketuk Urutkan untuk memindahkan tautan ke atas dan ke bawah.

Itu saja. Anda telah berhasil menambahkan tautan lain ke profil Instagram Anda. Jika Anda memiliki lebih banyak tautan, Anda perlu mengulangi proses ini, tetapi perhatikan dengan metode ini, Anda hanya dapat menambahkan hingga 5 tautan.

Jika Anda tidak ingin dibatasi dengan lima tautan eksternal yang dibatasi oleh Instagram, Anda dapat menggunakan layanan pihak ketiga; lanjutkan membaca.


2. Cara Menambahkan Tautan ke Bio di Instagram menggunakan fitur pihak Ketiga

Ada banyak layanan pihak ketiga yang tersedia, seperti lnk.bio, Linktree, Linkin.bio, dll., yang memberi Anda URL kustom untuk ditambahkan ke bio Instagram Anda. Bagian terbaiknya adalah layanan ini memungkinkan Anda menyiapkan URL kustom tanpa pengetahuan teknis. Selain itu, Anda mendapatkan banyak opsi penyesuaian.

Catatan: Untuk demonstrasi, kita akan menggunakan lnk.bio (karena harganya yang terjangkau). Tidak peduli layanan mana yang Anda pilih, langkah-langkahnya secara umum sama.

  1. Buka lnk.bio di browser seluler pilihan Anda.
  2. Ketuk Daftar dan buat akun dengan alamat email atau melalui layanan pihak ketiga.
  3. Masukkan nama pengguna, sebaiknya mirip dengan akun media sosial Anda, dan ketuk Lanjut.
  4. Selanjutnya, pilih rencana Gratis untuk mencoba layanan. (Dengat catatan Anda juga dapat memilih untuk menggunakan rencana premium.)
  5. Hubungkan platform media sosial di mana Anda ingin menambahkan tautan kustom. Anda juga dapat mengetuk Lewati.
  6. Pilih tata letak yang Anda sukai. Untuk demonstrasi, kita memilih Daftar.
  7. Ketuk Lnk untuk menambahkan tautan eksternal. Sekarang, masukkan judul situs web dan tautan di bidang yang sesuai dan ketuk Simpan. (Dengan catatan jika Anda memiliki beberapa tautan untuk ditambahkan, ulangi langkah ini.)
  8. Setelah tautan ditambahkan, atur ulang dengan mengetuk tombol atur ulang.
  9. Sekarang, ketuk tombol Salin untuk menyalin tautan dan tempelkan ke peramban web untuk melihat pratinjau.

Sekarang, saatnya menambahkan tautan ini ke bio Instagram Anda, yang sudah dijelaskan di awal artikel ini. Itu saja. Halaman URL kustom Anda telah ditambahkan ke bio Instagram Anda.

Namun, jika tautan yang Anda tambahkan ke bio Instagram Anda tidak dapat diklik, lanjutkan membaca untuk mengetahui mengapa dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya.


Alasan Mengapa Tautan atau Link di Bio Instagran Anda tidak dapat diklik atau tidak Berfungsi?

Ada beberapa alasan mungkin mengapa tautan Anda tidak dapat diklik di Instagram:

  • Aplikasi Tidak Terbaru: Pastikan Anda memiliki versi terbaru Instagram diinstal di perangkat Anda. Jika tidak, perbarui aplikasi Instagram Anda.
  • Tautan Ditambahkan ke Bidang yang Salah: Pastikan Anda menambahkan tautan ke bidang situs web profil Instagram Anda agar dapat diklik.
  • Periksa Jaringan Anda: Terkadang, masalah dapat disebabkan oleh koneksi internet Anda. Periksa koneksi internet Anda dan coba lagi.
  • Pastikan Anda Menambahkan Tautan yang Benar: Periksa apakah Anda telah memasukkan tautan situs web yang benar dan coba lagi.
  • Konten Tidak Pantas: Instagram mungkin telah memblokir tautan bio Anda karena kontennya dianggap tidak pantas atau melanggar syarat layanannya.

Poin-poin di atas adalah beberapa alasan masalah mengapa Anda tidak dapat mengklik tautan bio Instagram Anda atau orang lain. Semoga penyebab ini membantu Anda memahami dan memperbaiki masalahnya. Terimakasih, semoga bermanfaat.