Keuntungan dan Kerugian Membeli Perangkat Komputer Bekas

Komputer Bekas - Apakah Anda sedang ingin membeli komputer namun memiliki budget yang terbatas? Maka, membeli komputer bekas bisa menjadi solusi untuk Anda. 

Sebagian besar masyarakat memang cenderung lebih senang membeli produk teknologi yang harganya murah dan berkualitas dibandingkan dengan produk baru dan mahal, dengan pertimbangan bisa menghemat budget. 

Terlebih di era teknologi seperti sekarang ini komputer sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. 

Baik itu untuk bekerja, belajar atau sekadar sarana hiburan sehingga memang ada tuntutan serta keinginan untuk memilikinya. 

Oleh sebab itu, tak jarang ada yang memilih untuk membeli komputer bekas, dengan opsi tetap bisa digunakan dengan baik.

Di pasaran sendiri bisnis jual beli komputer bekas bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan. Anda bisa menemukan komputer bekas di online shop, beberapa toko peralatan elektronik atau bahkan membeli langsung dari pemiliknya. 

Cara ini cukup efektif untuk menekan biaya pengeluaran. Namun, sekalipun Anda membeli komputer bekas, Anda juga harus lebih selektif dalam memilih. 

Mengingat produk bekas sudah pernah digunakan sebelumnya sehingga dari segi kondisi tentu kalah dibandingkan dengan kondisi saat masih baru. 

Akan tetapi, jika Anda selektif dalam memilih komputer bekas yang ramah di kantong, maka berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membeli komputer bekas. Berikut keuntungan membeli komputer bekas.


Keuntungan dan Kerugian Membeli Perangkat Komputer Bekas

Keuntungan dan Kerugian Membeli Perangkat Komputer Bekas

a. Bisa Mendapatkan Perangkat Komputer dengan Spesifikasi Tinggi 

Dalam kasus ini Anda harus bisa tentukan komputer seperti apa yang sesuai kebutuhan yang bisa ditentukan dari spesifikasi komputer, namun tetap ramah di kantong. 

Karena sekalipun dengan budget standar, Anda tetap bisa mendapatkan komputer dengan spesifikasi yang andal. 

Jika ingin punya komputer spesifikasi tinggi tapi budget tipis, Anda tidak harus membeli komputer baru yang relatif mahal, tetapi cukup dengan membeli komputer bekas. 

Dengan membeli komputer bekas, maka uang yang dikeluarkan relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan membeli komputer baru, maka budget lainnya bisa digunakan untuk membeli sesuatu, bayar SPP sekolah atau kuliah, bahkan ditabung. Bagaimana, untung bukan?


b. Kondisi Relatif Tidak Jauh dengan perangkat Komputer Baru

Memang tidak semua komputer bekas itu usang, lecet, dan lainnya. Banyak juga komputer bekas di pasaran dengan kondisi yang masih bagus, mulus, fungsi, dan spesifikasi juga hampir sama dengan komputer baru. 

Apalagi jika komputer bekas tersebut masa pakai sebelumnya masih singkat sekitar 1,2,3 bulan hingga 1 tahun dan masih terdapat garansi resmi baik 1 tahun hingga 3 tahun dari produsen. 

Jadi, semakin singkat masa pakai pertama komputer bekas bahkan terdapat masa garansinya, maka komputer bekas tersebut hampir sama dengan komputer baru, baik kondisi, fungsi, performa, dan spesifikasi. 


c. Fungsi dan Spesifikasi Juga sama dengan perangkat Komputer Baru

Baik fungsi dan spesifikasi, komputer bekas juga tidak kalah dengan komputer baru. 

Namun, pada umumnya komputer bekas yang ditawarkan oleh penjual kadang memang menawarkan fungsi dan spesifikasi yang masih mumpuni, hanya biasanya menambah kapasitas memori (HDD atau SSD) dan RAM, hal ini wajar dilakukan seller untuk meningkatkan fungsi dan performa komputer bekas agar pembeli merasa puas.


d. Perangkat Komputer Bekas Lebih Siap Dipakai

Mengapa komputer bekas lebih siap dipakai? Jawabannya adalah karena komputer bekas pernah digunakan oleh pemakai pertama sehingga sudah teruji oleh pemakaian pertama untuk mengerjakan kebutuhan mengetik, browsing, streaming, editing, programming, hingga gaming tergantung pada spesifikasi setiap komputer.

Biasanya komputer bekas sudah ter-install oleh aplikasi, seperti Microsoft Office, Google Chrome dan lainnya serta ter-install oleh Sistem Operasi, seperti Windows sehingga sudah teruji siap dipakai.


e. Tidak Perlu Install Aplikasi & Sistem Operasi

Seperti yang disebut poin ke-4, komputer bekas umumnya sudah terinstall oleh aplikasi, seperti Microsoft Office, Google Chrome, Aplikasi Editing, hingga Gaming. Dan juga, komputer bekas ter-install oleh Sistem Operasi. 

Hal ini membuat komputer bekas menguntungkan lho. Mengapa menguntungkan? Karena Anda tidak perlu beli untuk install Aplikasi dan Sistem Operasi seperti Windows baik Windows 7,8, hingga 10.

Namun pastinya selain keuntungan juga ada beberapa kerugian yang didapatkan dengan membeli komputer bekas.


Berikut adalah kerugian membeli Perangkat Komputer Bekas

a. Kualitas produk sudah tidak maksimal

Ada banyak alasan yang membuat pemilik sebelumnya menjual komputer mereka ke pasaran, salah satu diantaranya adalah karena kualitasnya sudah tak lagi sebagus dahulu. 

Hingga beberapa komponen pada komputer ada yang sudah mulai mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, terkadang ketika konsumen membelinya, maka performa yang ditawarkan juga sudah tak lagi sebagus yang dahulu.


b. Harus keluar biaya tambahan

Terkadang hanya dalam jangka waktu beberapa bulan setelah pembelian komputer bekas, Anda sudah menemukan ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan, tentunya mau tidak mau Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan. 

Mengingat masih ada produk bekas yang sudah tidak lagi dilengkapi dengan keberadaan garansi sehingga untuk service ada biaya yang harus dikeluarkan sendiri.


c. Tampilan yang sudah tidak mulus

Salah satu ciri yang bisa digunakan untuk membedakan antara barang bekas dengan yang masih baru memang bisa dilihat dari hal yang satu ini. 

Bagian luar atau hardware pastinya sudah mulai berubah tidak semulus ketika baru membelinya, ada lecet hingga terkadang beberapa komponennya sudah mulai hilang.


Akhir Kata

Itu adalah artikel terkait keuntungan dan kerugian membeli perangkat komputer bekas. Pertimbangkan secara baik baik seperti untung ruginya seketika Anda ingin membeli komputer bekas tersebut. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel