Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Perangkat Keras Komputer PC, Fungsi dan Contohnya

Diera sekarang ini, penggunaan Komputer PC memegang andil yang lebih dan luar biasa besar dalam membantu pekerjaan manusia sehari hari. 

Untuk Anda pengguna Komputer PC, tentu Anda harus dapat mengenal apa itu Perangkat Keras Komputer? Apa itu Fungsi komputer? dan Apa saja contohnya didalam perangkat keras Komputer?

Dengan mengenali lebih jauh lagi mengenai Pengertian Perangkat Keras Komputer / PC, Fungsi dan Contohnya, ini akan dapat membantu Anda dalam menggunakan dan mengoperasikan komputer milik Anda.

Pada kesempatan kali ini membahas dengan rinci mengenai informasi yang dapat Anda butuhkan dalam pertanyaan diatas. 

Dibawah ini penjelasan yang lengkap, untuk itu yuk simak selengkapnya.


Pengertian Perangkat Keras Komputer, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Perangkat Keras Komputer PC, Fungsi dan Contohnya

Apa yang dimaksud Perangkat Komputer? Perangkat Komputer adalah suatu alat yang memiliki komponen komponen penting yang terdapat pada Komputer yang dimana komponen tersebut sudah sering kita lihat sehari hari bagi seorang pengguna komputer. 

Apa itu Fungsi Perangkat komputer? Fungsi dari Perangkat Komputer / PC itu sendiri adalah untuk digunakan dalam mengontrol proses dari sebuah sistem Komputer PC dimana komponen dari perangkat komputer itu sendiri dibagi menjadi dua, diantaranya adalah.

a. Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat Keras atau Hardware adalah suatu perangkat elektronik yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan dapat dipegang secara fisik. Perangkat Keras ini sendiri dibagi lagi menjadi tiga bagian, diantaranya yaitu 

Perangkat Output, Perangkat Input dan Perangkat Process 

Yang pertama yaitu Perangkat Output (Perangkat Keluaran) adalah perangkat yang mengirim sebuah data dan juga informasi yang telah diproses pada dalam komputer untuk diberikan atau ditampilkan ke pengguna.

Contohnya adalah perangkat Printer, Proyektor, Monitor dan lain sebagainya.

Selanjutnya Perangkat Input, Perangkat Input (Perangkat Masukkan) adalah perangkat yang dapat menerima data data yang telah dihasilkan dari luar lalu masuk kedalam komputer untuk diproses.

Contohnya adalah perangkat Mouse, Keyboard, Microphone dan lain sebagainya.

Kemudian ada Perangkat Process, Perangkat Process (perangkat pemrosesan) adalah  Perangkat keras yang berguna untuk menerima data dari perangkat input dan memproses data tersebut.

Contohnya adalah perangkat RAM, Processor, Northbride dan lain sebagainya.

b. Perangkat Lunak (Software)

Software atau Perangkat Lunak adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk menjalankan hardware. 

Perangkat lunak (Software) adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan juga diatur oleh perangkat Komputer / PC, data elektronik yang disimpan Komputer / PC dapat berupa program yang bermanfaat untuk menjalankan suatu perintah.

Perangkat Lunak tersebut memiliki sifat tidak dapat dipegang, dalam penggunaan nya pun, perangkat lunak (Software) tersebut diklasifikasikan menjadi empat macam, diantaranya adalah sebagai berikut.

Pertama adalah Sistem Operasi (Operating System). Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yangmendasar sehingga dapat mengatur kerja media input, output, media pemroses, dll. 

Seperti: Windows 7, WIndows 8, Windows 10, Linux, Mac Os, android, debian, dan lain sebagainya.

Sistem operasi adalah sebuah sistem perangkat lunak yang berfungsi untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer.

Beberapa fungsi pada sistem operasi diantaranya yaitu: 
  • Untuk mengatur memori,
  • Sebagai pengaturan penyimpanan hardisk,
  • Untuk mengatur proses input dan juga output data,
  • Sebagai manajemen file,
  • Untuk mengenali dan mengontrol perangkat yang terhubung ke komputer,
  • Sebagai mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer / PC.

Yang kedua adalah Program Aplikasi, Program aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, seperti perangkat lunak yang dirancang untuk menjalankan pekerjaan pekerjaan yang khusus.

Contohnya aplikasi pengolah kata atau word processing adalah MS Word, K Word, dan Abi word.

Contohnya aplikasi pengolah angka atau spreedsheet adalah MS Excell dan Lotus 123.

Contoh aplikasi grafis adalah Adobe Photoshop dan Corel Draw.

Contoh aplikasi browser adalah Chrome, Opera, Safari dan Mozilla Firefox.


Yang ketiga adalah bahasa Pemrograman dan Program Bantu. Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan untuk menerjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan prosedur atau aturan tertentu agar diterima oleh komputer.

Yang keempat atau terakhir adalah Program Bantu. Perangkat lunak tersebut memiliki fungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan komputer /PC dan merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu.

Contohnya adalah Antivirus, Winrar, CC Cleaner dan lain sebagainya.

Untuk itu, Perangkat Komputer sendiri adalah komponen komponen yang dapat mengontrol jalannya sebuah sistem pada komputer / PC baik berupa Hardware atau pun software yang sama sama saling berkerja untuk menghasilkan sesuatu yang di harapkan oleh pengguna.


Akhir Kata

Artikel diatas adalah uraian selengkapnya yang membahas mengenai Pengertian Perangkat Keras Komputer PC, Fungsi dan Contohnya yang mungkin anda ketahui dan yang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat.