Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Cadangan Google Drive di WhatsApp Bermasalah

Belajarjp.Com -- Aplikasi whatsapp adalah salah satu media sosial yang telah digunakan banyak orang berbagai kalangan maupun tempat. 

Whatsapp sendiri dimanfaatkan untuk membuat sebuah pesan singkat maupun panjang secara pribadi maupun berkelompok. 

Selain itu whatsapp sendiri menawarkan sebuah fungsi sinkronisasi beragam platform, seperti transfer file cadangan whatsApp dari android ke iPhone begitupun sebaliknya. 

Akan tetapi aplikasi whatsapp memberikan fasilitas untuk mencadangan data atau file penting di HP Android dan iOS sendiri ke Google Drive dan iCloud. Ini adalah salah satu kegunaan agar data kita tetap utuh. 

Dikarenakan pengaruh ukuran cadangan whatsApp dan pengaturan lainnya, mungkin adapun permasalahan yang sedang anda lalui sekarang yaitu mengenai ketidakberhasilan atau macet saat mencadangan data atau file whatsApp di HP iPhone dan Android.

Banyak pengguna yang mengeluh akan pencadangan pada aplikasi whatsApp yang bermasalah atau macet pada persentase tertentu dan tidak berhasil diselesaikan. 

Kemungkinan ada berbagai alasan di baliknya, diantaranya dapat saja berupa koneksi jaringan yang lambat, penyimpanan iCloud yang tidak mencukupi, video besar dalam obrolan whatsApp dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini, akan membagikan beberapa cara ataupun tips bagaimana cara mengatasi pencadangan Google Drive di whatsapp yang bermasalah mupun macett. Yuk simak selengkapnya.


Cara Mengatasi Cadangan Google Drive di WhatsApp Bermasalah

Cara Mengatasi Cadangan Google Drive di WhatsApp

a. Pertama update aplikasi whatsapp

Disini anda dapat mengecek aplikasi Anda apakah ada update terbaru pada aplikasi whatsapp, anda dapat mengeceknya pada Google Playstore. Ketidakberhasilan sebuah pencadangan whatapp tersebut itu adalah salah satunya.


b. Kedua Logout dari Aplikasi Beta Whatsapp

Apabila anda adalah bagian dari pengguna Beta whatsapp dan memiliki masalah pencadangan dengan versi yang diinstal pada perangkat, maka sebaiknya Anda meninggalkan aplikasi beta dan memilih versi stabil dari app store atau Google Play Store.

Berikut adalah langkah memperbaiknya:

  • Pada iPhone, buka Aplikasi TestFlight > WhatsApp > dan pilih Keluar dari aplikasi beta dari menu berikut.
  • Pada Android, buka play store, dan arahkan ke whatsapp. Di sana, anda akan melihat pilihan untuk keluar dari program beta.

c. Ketiga lihat koneksi Internet Anda

Cadangan WhatsApp biasanya berukuran GB - karena Anda juga akan menyertakan foto dan video. Itu akan menuntut koneksi jaringan yang stabil untuk proses yang sukses. 

Pastikan Anda terhubung ke jaringan yang kuat dan ponsel Anda menunjukkan bilah yang cukup untuk kekuatan jaringan seluler.

Bagi mereka yang memiliki router dual-band, periksa apakah ponsel Anda mendukung pita Wi-Fi 5GHz. Dan jika ya, sambungkan ponsel ke pita 5GHz jaringan Wi-Fi Anda.


d. Keempat mengatur ulang pengaturan jaringan (iPhone)

Terkadang, pengguna menimpa pengaturan jaringan secara tidak sengaja yang mengakibatkan cadangan WhatsApp di iPhone macet. 

Anda dapat memperbaikinya dengan mengatur ulang pengaturan jaringan di iPhone.

Buka aplikasi Pengaturan di iPhone dan arahkan ke Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan Jaringan.


e. Kelima cek penyimpanan Icloud (iPhone)

WhatsApp di iPhone menggunakan iCloud Apple untuk menyimpan data cadangan. Seperti yang Anda ketahui, iCloud hanya hadir dengan penyimpanan gratis sebesar 5GB untuk pengguna akun Apple. Anda mungkin kehabisan penyimpanan iCloud untuk mengambil cadangan data WhatsApp. 

Buka aplikasi Pengaturan iPhone > Profil > iCloud dan lihat sisa penyimpanan iCloud. 

Jika lebih rendah dari ukuran cadangan yang disarankan oleh WhatsApp, maka pertimbangkan untuk membeli paket iCloud 50GB entry-level dari Apple, atau Anda dapat menghapus cadangan iCloud sebelumnya (centang #8) atau multimedia dari cadangan WhatsApp (centang #7).

Jika Anda tidak ingin mengikuti rute ini, Anda dapat mencadangkan data WhatsApp menggunakan iTunes di PC. 

Tapi masalahnya, itu akan melakukan pencadangan perangkat penuh dan bukan untuk WhatsApp secara eksklusif.

WhatsApp dan Google telah bermitra dalam menyediakan penyimpanan melalui Google Drive di Android, dan data cadangan WhatsApp Anda tidak akan diperhitungkan dalam penyimpanan Google Drive.


f. Keenam cek apakah Server Google Drive atau Icloud sedang nonaktif

Cadangan WhatsApp macet di iCloud atau Google Drive bisa jadi karena masalah sisi server dari Apple dan Google. 

Anda dapat mengunjungi halaman Status Sistem Apple dan memastikan bahwa iCloud berjalan dengan baik dari sisi mereka.

Untuk Google Drive, kunjungi Google Cloud Status dan cari penyimpanan Google Cloud.


g. Ketujuh kecualikan video dari Cadangan

Jika Anda adalah bagian dari beberapa grup di WhatsApp dan menerima banyak video secara teratur, maka itu akan meningkatkan ukuran cadangan dengan margin yang cukup besar. 

Untungnya, WhatsApp memungkinkan Anda mengecualikan video saat mencadangkan data. Anda dapat membuka WhatsApp di Android atau iPhone Anda.

buka Pengaturan> Obrolan> Cadangan> dan aktifkan kecualikan video dari opsi cadangan WhatsApp.


h. Kedelapan menghapus Cadangan Icloud yang berada (iPhone)

Anda dapat menghapus cadangan iCloud yang ada di iPhone dan mencoba mencadangkan data WhatsApp dari awal.

Buka aplikasi Pengaturan di iPhone dan buka Profil > iCloud > Cadangan iCloud > Hapus cadangan yang ada di iCloud. 

Sekarang kembali ke WhatsApp > Pengaturan > Obrolan > dan mulai proses pencadangan.


i. Kesembilan membersihkan cache Whatsapp (Android)

Anda dapat menghapus cache WhatsApp dari perangkat Android dan kemudian mencoba proses pencadangan. 

Anda dapat mengetuk lama ikon WhatsApp dan membuka info aplikasi. Sekarang pergi ke Storage & Cache dan pilih Clear cache.


j. Kesepuluh memperbarui Layanan Google Play (Android)

Layanan Google Play memainkan peran penting di Android untuk menjaga beberapa layanan berjalan lancar di latar belakang. 

Anda dapat menavigasi ke Google Play Store dan memperbarui Layanan Play di telepon. Coba ambil cadangan WhatsApp lagi dan periksa apakah itu berfungsi.


k. Kesebelas restart ulang Perangkat

Mem-boot ulang iPhone atau Android Anda sering kali memperbaiki beberapa bug atau gangguan yang tidak diketahui. 

Anda dapat memulai ulang iPhone dengan menekan tombol volume atas/bawah dan tombol daya secara bersamaan. Di Android, terus tekan tombol daya dan pilih Mulai ulang dari menu geser.


Akhir Kata

Akhir kata, diatas merupakan informasi bagaimana Cara Mengatasi Cadangan Google Drive di WhatsApp Bermasalah yang bermasalah yang dapat dibagikan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.