Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat HP yang Baik Agar Awet dan Tahan yang mudah

Belajarjp.Com -- Perkembangan zaman sekarang ini, orang-orang mulai beranjak menuju era digitalisasi yang dimana pemanfaatan teknologi juga semakin mass digunakan. 

Tidak terkecuali teknologi komunikasi seperti Handphone yang sudah mengalami banyak peningkatan seiring perkembangan teknologi. 

Hingga saat ini,  barang digital yang mayoritas digunakan oleh kebanyakan orang tentu saja Handphone. 

Handphone atau biasa kita sebut dengan HP memiliki fungsi yang luar biasa besar bagi kita pada era digitalisasi ini. Ibaratnya, hidup tanpa Handphone bagaikan sayur tanpa garam. 

Terlebih generasi milenial apabila tanpa menggunakan HP sehari saja maka sudah pasti terasa hambar kehidupannya. 

Apabila HP dirasa penting di kehidupan Anda, maka Anda wajib merawat dan menjaganya dengan baik. Hal itu agar HP selalu awet dan Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Berikut adalah bagaimana cara dan tips merawat HP Android agar tetap awet dan tidak cepat rusak atau tahan lama.


Cara Merawat HP yang Baik Agar Awet dan Tahan yang mudah

Cara Merawat HP yang Baik Agar Awet dan Tahan

a. Menggunakan Charger yang orisinil dan Rutin Membersihkan HP dari Debu

Cara yang pertama adalah gunakan charger yang osinil. Menggunakan charger yang orisinil dapat menjaga umur baterai ponsel menjadi jauh lebih tahan lama. 

Charger original ketika dipasarkan sudah pasti telah lolos pemeriksaan ketat standar pabrik. Meskipun harga yang dibanderol cukup yang mahal, charger orisinil terbukti dapat memperpanjang usia pakai baterai. 

Selain itu, kualitas baterai juga dapat tetap terjaga.  

Sebaliknya, apabila menggunakan charger yang tidak original dengan standard kualitas HP, ketidaksesuaian itulah yang akan mengakibatkan HP Anda tidak akan tahan lama atau cepat rusak. 

Adapun penggunaan power bank dalam pengisian daya juga tidak disarankan. 

Karena, apabila terlalu sering, panas yang ditimbulkan juga dapat mengakibatkan HP Anda tidak akan tahan lama atau cepat rusak.

Cara berikutnya adalah selalu rutin membersihkan HP Android Anda dari debu. Penggunaan HP yang fleksibel membuat Anda sering membawanya ketika bepergian seketika dari rumah. Hal tersebut jelas membuat HP Anda rentan sekali terkena oleh debu. 

Karena, debu yang mengendap terlalu lama di HP akan mengakibatkan perangkat HP Anda menjadi cepat panas. Maka, setelah digunakan keluar rumah Anda harus rutin membersihkannya. 

Untuk alat pembersihnya sendiri sebenarnya cukup sederhana dengan menggunakan jenis lap apapun. Namun, apabila menginginkan hasil pembersihan yang lebih optimal, gunakanlah lap microfiber atau lap kacamata.


b. Hindarilah penggunaan HP di Tempat yang panas dan mengisi Daya harus sesuai Kebutuhan

Cara selanjutnya adalah hindarilah penggunaan HP di tempat yang panas. Tips yang satu ini juga tidak kalah penting. HP memiliki perangkat yang sangat sensitif apabila digunakan di suhu tinggi. 

Suhu yang normal pada penggunaan HP berkisar enambelas hingga tigapuluh derajat celcius saja. Maka, apabila Anda pergi keluar rumah, simpanlah HP di tempat yang sejuk dan aman, contohnya dengan menyimpan HP di dalam tas.

Cara berikutnya adalah mengisi daya sesuai kebutuhan. Banyak yang mengira mengisi daya HP seratus persen akan membuatnya menjadi lebih awet. 

Akan tetapi, itu semua salah, karena baterai ponsel sendiri berbahan dari lithium ion (Li-on) yang kapasitasnya bisa menurun bila mendapatkan tegangan yang tinggi. 

Perlu Anda ketahui juga lapisan lithium metalik baterai apabila terus mendapat arus listrik, akan memicu baterai HP menjadi tidak stabil. Disarankan melakukan pengisian daya di rentang angka tigapuluh hingga delapanpuluh persen agar voltase baterai tetap rendah sehingga membuat baterai HP menjadi lebih awet tahan lama.


c. Jangan memainkan Games saat sedang mengisikan Daya ke HP

Cara selanjutnya adalah jangan bermain games seketika sedang mengisi daya HP. Bermain games adalah kebiasaan mayoritas anak zaman sekarang. 

Tidak heran apabila anak muda zaman sekarang menggunakan HP sampai lupa waktu dan terkadang tanpa henti. Saat pengisian daya pun mereka tetap bermain games. 

Bagi Anda yang hingga detik ini masih menganggap bahwa bermain game, menelepon, mendengarkan musik, ataupun menonton film di HP dalam kondisi dicas itu aman aman saja, maka Anda bisa menyimak beberapa hal yang memungkinkan terjadi apabila hal tersebut dilakukan. 

Hal tersebut, akan menyebabkan kriteria yang terlampir dibawah ini

  • Baterai akan makin panas
  • Proses pengisian baterai menjadi lebih lama
  • Baterai cepat menggelembung dan rusak
  • Masalah Malsistem
  • Potensi konsleting dan terbakar


d. Menggunakan Screen Protector agar Layar HP Anda tetap aman

Cara selanjutnya adalah menggunakan screen protector agar layar HP tetap aman. Anda terkadang tidak hati hati seketika menggunakan HP. Sampai-sampai HP jatuh ke lantai atau media yang bertekstur keras lainnya. 

Jadi untuk itu, Anda harus melindungi layar LCD HP dengan screen protector yang berkualitas. Ini akan membantu melindungi HP Anda dari benturan keras. Selain itu, penggunaan screen protector juga dinilai aman dari benda-benda yang tajam. 

Maka, ketika HP Anda terjatuh atau terkena benda tajam, hal itu hanya akan menimbulkan goresan goresan yang kecil saja.


e. Gunakan Antivirus dan Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan Antivirus. Sistem perangkat HP Android sangat rentan terkena virus. Virus tersebut bisa datang dalam bentuk spam aplikasi seperti pesan teks ataupun lampiran email. 

Maka, Anda harus membersihkan sistem perangkat HP dengan antivirus minimal tiga hari sekali. Bagi Anda yang ingin mencari referensi tambahan mengenai cara menghapus virus dan malware pada HP Android Anda, Anda dapat mencari tahu disini.

Cara berikutnya adalah menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting. HP Anda pasti sering mengalami slow respons saat membuka ataupun menutup aplikasi. 

Hal tersebut disebabkan karena adanya beberapa aplikasi yang memakan RAM cukup besar. Oleh karena itu, Anda harus menghapus aplikasi yang sekiranya tidak penting dan membuat performa HP Android Lemot atau menurun.


Akhir Kata

Itulah adalah informasi terkait bagaimana Cara Merawat HP yang Baik Agar Awet dan Tahan yang mudah yang dapat anda coba. Semoga bermanfaat