Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Serta Menghapus Virus & Malware di HP Android

Belajarjp.Com -- Virus merupakan perangkat lunak yang menyebar didalam sebuah sistem dan akan mengganggu penggunaan nya. 

Virus tidak ditujukan untuk mencuri data atau menganalisis penggunaan data. Virus yang menyerang HP merupakan sejenis virus yang menyebabkan aplikasi atau pun fitur ponsel tidak dapat digunakan semestinya. 

Adapun Malware merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan menyelinap dan terkadang merusak sistem pada HP, jaringan, ataupun server tanpa diketahui oleh pemilik nya. 

Istilah malware diambil dari gabungan potongan dua kata adalah malicious yang artinya berniat jahat dan software yang artinya perangkat lunak. 

Tujuannya adalah untuk merusak ataupun mencuri data dari sebuah perangkat yang diserang. Virus dan malware sekarang ini tidak hanya menyerang diperangkat Laptop atau Komputer PC saja. 

Karena, perangkat mobile seperti HP juga mulai banyak diserang oleh virus ini. Android adalah salah satu sistem operasi mobile yang telah banyak menjadi target serangan dari virus & malware tersebut.

Oleh sebabnya, apabila Anda memiliki perangkat HP Android, Anda harus mengetahui ciriciri perangkat yang telah terinfeksi virus & malware, juga bagaimana cara mencegah serta menghapus virus dan malware di HP Android. Untuk itu yuk simak selengkapnya.

 

Cara Mencegah Serta Menghapus Virus dan Malware di Android

Cara Mencegah Serta Menghapus Virus & Malware
Sumber Gambar : https://media.istockphoto.com/

Ciri ciri perangkat Android yang telah terserang Virus & Malware

  • Pemakaian data internet yang berlebihan.
  • Performa menjadi lambat. 
  • Baterai cepat habis. 
  • Sering terputus ketika sedang menelepon.
  • Setelah mengetahui ciri-ciri perangkat Android yang terserang virus dan malware, Anda harus segera menghapus virus dan malware tersebut, jika perangkat Android Anda terdeteksi terkena virus dan malware.


Cara Mencegah Serta Menghapus Virus & Malware pada Android

a. Menggunakan Aplikasi 360 Security dan AVG AntiVirus

Aplikasi 360 Security adalah Alat pemicu kecepatan terbaik dengan mobile keamanan. Perangkat lunak tersebut merupakan keamanan HP terlengkap yang paling dipercaya di seluruh dunia, dengan jumlah duaratus juta pengguna. 

360 Security adalah salah satu aplikasi antivirus gratis yang terdapat di PlayStore. Dalam aplikasinya, 360 Security ini diklaim mampu untuk membersihkan virus-virus yang bersarang di HP Anda. 

Selain itu, 360 Security juga diklaim dapat mencegah munculnya virus dengan melakukan scanning.

Aplikasi 360 Security mempunyai beberapa fungsi, yang diantaranya sebagai berikut.

  1. Pembersih yang teliti
  2. Pengoptimal yang Cepat
  3. Mesin Antivirus Terkemuka
  4. Penghemat daya yang Pintar
  5. Pengunci Privasi & Aplikasi
  6. Pengelola Aplikasi yang Ramah-Pengguna
  7. Layanan anti-pencurian yang Terpercaya

Selanjutnya menggunakan aplikasi AVG AntiVirus bukan hanya sekedar aplikasi Antivirus yang bisa digunakan di Komputer PC atau Laptop saja. Aplikasi AVG AntiVirus sekarang hadir sebagai salah satu aplikasi Antivirus untuk HP Android. 

Berguna memproteksi perangkat HP Android dari acaman virus & malware, Anda dapat menggunakan aplikasi AVG sebagai salah satu pilihan aplikasi Antivirus. 

Selain itu, aplikasi antivirus AVG tersebut juga dibekali dengan fitur yang memiliki kemampuan untuk mempercepat kecepatan Wi-Fi. AVG disebut sebagai salah satu antivirus terbaik untuk Android. 

Karena AVG adalah antivirus pertama di Google Play yang berhasil memecahkan rekor seratus juta unduhan. 

Setelah diinstall pada perangkat berbasis Android, aplikasi AVG akan melindungi perangkat Android Anda dari sebuah malware, spyware terbaru, panggilan yang tidak diinginkan, aplikasi & pengaturan yang tidak aman, serta ancaman ancaman berbahaya lainnya. Aplikasi tersebut juga dapat Anda download dengan gratis.


b. Menggunakan Aplikasi Avast Mobile Security

Menggunakan Avast Mobile Security sebagai salah satu pilihan aplikasi AntiVirus yang tepat untuk digunakan di HP Android Anda. 

Apabila Anda ingin mendownload aplikasi antivirus HP Android yang ringan serta memiliki fitur yang lengkap, maka Anda bisa memilih Aplikasi Avast Mobile Security yang dapat memberikan perlindungan anti malware gratis untuk melindungi data privasi anda. 

Lima fungsi utama Avast Mobile Security untuk Android, diantaranya memblokir ancaman, melindungi privasi, mengamankan dari jarak jauh, meningkatkan kinerja serta mendapatkan informasi.


c. Menggunakan Aplikasi Clean Master dan Security Master

CleanMaster adalah salah satu alat pembersih dan juga pengoptimal sistem tengah popular untuk digunakan di HP Android yang perlengkapi berbagai fitur dimulai dari kontrol notif aplikasi media sosial hingga pembersih khusus WA atau WhatsApp

Aplikasi Clean Master yang sudah diunduh oleh lebih dari dua empat juta kali di Android ini juga menyuguhkan layanan untuk melindungi HP Android Anda dari virus. 

Dalam aplikasinya, pengguna Clean Master akan dimudahkan dalam mencegah, melindungi, & juga membersihkan virus di HP Android. 

Selanjutnya menggunakan aplikasi security Master ini merupakan generasi terbaru dari CM Security yang adalah aplikasi keamanan pribadi & antivirus popular yang telah diunduh lebih dari limaratus juta kali di Google Play Store

Security Master telah diluncurkan di seluruh dunia dan dapat diunduh secara gratis untuk pengguna HP Android. Dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat menyelamatkan HP Android nya dari serangan virus virus. 

Selain itu, Security Master cukup mudah dan sangat simpel untuk digunakan oleh siapapun.

Tetapi, selain dari menggunakan aplikasi untuk menghapus virus, Anda juga dapat melakukan langkah langkah untuk pencegahan perangkat HP Android Anda dari serangan virus & malware.


Tips dan Cara Mencegah Virus dan Malware Android

  1. Baca review aplikasi
  2. Periksa pembuatnya
  3. Hati-hati terhadap aplikasi market pihak ketiga
  4. Jangan sembarangan memberikan akses Superuser
  5. Lakukan scanning virus dan malware secara reguler

Akhir Kata

Itu adalah pembahasan mengenai bagaimana Cara Mencegah Serta Menghapus Virus & Malware di HP Android dari serangan yang tidak terduga. Jadi kita dapat mengantisipasinya terlebih dahulu agar HP android kita tetap aman dan nyaman saat digunakan. Semoga bermanfaat.