Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Komputer PC agar Awet & Tahan Lama

Cara Merawat Komputer PC agar Awet & Tahan Lama. Komputer adalah suatu alat yang dimanfaatkan untuk mengolah suatu data menurut prosedur yang telah dirumuskan. 

Kata komputer awalnya dipergunakan sebagai menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata tersebut kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Komputer adalah alat yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kegiatan perkantoran maupun kegiatan belajar baik bagi pelajar ataupun mahasiswa. 

Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban pengguna sekaligus pemilik komputer untuk merawat dan membersihkan komputer dengan baik dan benar agar tidak cepat rusak saat digunakan. 

Tentunya bagi Anda seorang pengguna komputer, memiliki komputer yang awet dan tahan lama sudah menjadi harapan Anda. Untuk membuat komputer Anda bekerja dengan baik dalam waktu lama, berikut informasi yang tepat untuk Anda. Silakan disimak bahasan berikut.


Cara Merawat Komputer PC agar Awet & Tahan Lama

Cara Merawat Komputer PC agar Awet & Tahan Lama

Cara yang cerdas untuk merawat Komputer PC dengan baik serta benar agar awet dan tahan lama itu merupakan pembahasan pada artikel ini. 

Dampak positif apabila anda merawat komputer dengan baik dan benar merupakan komputer akan lebih awet dan terhindar dari gangguan yang dapat merusak komputer.

Apabila Anda memiliki komputer, sudah sepantasnya Anda merawatnya dengan baik. Perawatan sangat penting, bertujuan agar komputer tetap optimal dalam pengoperasiannya. 

Sebelum itu, ketahui dulu apa yang bisa memengaruhi kinerja pada komputer. 

A. Penyebab kinerja Komputer PC anda melambat:

  • Kwalitas komputer adalah faktor utama yang memengaruhi suatu kinerja komputer. Biasanya harga komputer mahal dan merek terkenal akan cenderung lebih baik, Akan tetapi tidak selalu yang mahal itu baik dan tidak selalu yang murah itu buruk, tetapi di sini untuk pengaruh utama, kualitaslah yang dapat mempengaruhi.
  • Dalam cara perawatan komputer pc, bagi pemilik komputer hal yang perlu diperhatikan adalah perawatan pada komputer pc.  Pemeliharaan komputer sangat penting dalam fungsi dan dampaknya, semakin rajin kita membersihkannya serta merawat sebuah komputer, semakin baiklah akan kinerja komputer.
  • Dari kedua faktor di atas, dapat diperoleh bahwa kualitas dan perawatan memang sangat memengaruhi kinerja komputer.

B. Cara Merawat Komputer PC Anda

a. Rajin membersihkan debu dan memperhatikan aliran udara Komputer PC Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk merawat komputer PC anda adalah membersihkan semua debu yang menempel pada komponen komponen komputer seperti hard disk, power supply, LAN card, VGA serta beberapa komponen kotor lainnya. 

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat yang lembut, bersihkan dengan hati-hati karena biasanya komponen ini rawan tergores atau tertekuk.

Selain itu aliran udara pada komputer pc atau laptop begitu penting. Dikarenakan, masing masing gadget tersebut akan mengeluarkan panas jika digunakan dengan lama. 

Ketika aliran udara berjalan dengan baik, suhu komputer Anda menjadi teratur. 

apabila Komputer PC terus mengalami suhu tinggi (overheat) maka ada risiko kerusakan pada hardware semisal tiba tiba mati, blue screen, dan lain sebagainya. Dan, biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan pada hardware biasanya akan lebih mahal. 

Agar panas dapat diatasi, gunakan heatsink yang memiliki kwalitas bagus. Setelah itu, bersihkan kipas saat merawat laptop ataupun komputer PC dengan rutin. 

Anda juga perlu mengganti thermal paste pada prosesor. Hal ini perlu dilakukan pada tahun kedua komputer pc atau laptop yang telah Anda beli sebelumnya.


b. Melakukan pembaruan pada perangkat lunak dan driver

Kebanyakan pengguna komputer pc tidak memperhatikan software ataupun driver yang digunakan. Padahal dua hal ini sangat penting karena bisa membantu PC Anda selalu bekerja maksimal. 

Ada kalanya software yang Anda install tidak bisa digunakan jika OS yang Anda miliki tidak diupdate terlebih dahulu. 

Salah satu cara merawat komputer atau PC adalah dengan melakukan update secara berkala, minimal setiap dua bulan sekali. 

Karena, pada saat itu, Windows, Mac atau yang lainnya sudah melakukan update terbaru. Pembaruan ini berfungsi untuk memperbaiki bug, meningkatkan kinerja perangkat lunak, meningkatkan perlindungan, dan lainnya.


c. Menghindari menggunakan Komputer PC ketika turun hujan

Apabila sedang turun hujan atau akan turun hujan sebaiknya komputer pc dimatikan terlebih dahulu agar tidak terkena petir. 

Selain itu apabila komputer sedang terhubung dengan wireless atau modem, segeralah matikan komputer dan jaringan internet dengan baik agar tidak terkena petir.


d. Mengganti prosesor thermal paste dan VGA secara terjadwal

Terakhir adalah perawatan komputer dengan mengganti paste prosesor secara terjadwal. 

Paste atau thermal paste biasanya akan mengering saat dipakai. Oleh sebab itu agar komputer pc tidak overheat, thermal paste harus diganti. Thermal paste bisa didapatkan di toko komputer pc terdekat anda maupun market place. 

Harga barang tersebut bervariasi tergantung kwalitasnya, mulai dari dua puluh ribu hingga ratusan ribu. Selain pasta prosesor, pasta VGA maupun GPU juga perlu diganti. Untuk mengganti thermal paste VGA, jangan lupa untuk lepas terlebih dahulu kipas heatsink yang terpasang.


Akhir Kata

Itu adalah artikel bagaimana Cara Merawat Komputer PC agar Awet & Tahan Lama yang dapat dicoba. Karena pengguna perangkat Komputer PC jarang dipakai untuk sekarang ini, akan tetapi cara diatas dapat dimanfaatkan untuk pengguna perangkat Laptop juga. Semoga bermanfaat.