Simak! 5 Tips Belajar yang Efektif Menurut Islam

Dengan musim ujian di depan kita, dan Ramadhan sudah di depan mata, saatnya untuk mulai merevisi ujian. 

Bukan sekedar merevisi biasa tetapi merevisi dengan cara yang akan membuat Anda merasa lebih tenang dan meningkatkan berkah dalam belajar Anda. Untuk lebih mengetahui bagaimana tips Belajar yang efektif menurut Islam. Yuk simak selengkapnya.


Simak! 5 Tips Belajar yang Efektif Menurut Islam

Simak! 5 Tips Belajar yang Efektif Menurut Islam

a. Orang tua Anda

Saya tahu bahwa tidak semua orang memiliki hubungan yang baik dengan orang tua mereka, tetapi jika Anda cukup beruntung memiliki orang tua yang benar-benar peduli dengan kesejahteraan Anda, mintalah mereka untuk mendoakan Anda. 

Saya tidak bisa cukup menekankan ini. 

Bersikap baiklah kepada mereka. Bantulah mereka ketika mereka memintanya, terutama selama Ramadhan. Saya tahu selama musim ujian semuanya sangat menegangkan dan Anda mungkin merasa ingin membentak mereka, tetapi percayalah ketika saya mengatakan bahwa jika Anda baik kepada orang tua Anda, tindakan Anda dan doa mereka akan sangat membantu.


b. Musik

Saat merevisi, ganti musik yang Anda dengarkan dengan bacaan Al-Qur'an. Banyak orang akan berargumen bahwa mereka hanya dapat merevisi dengan memutar musik di latar belakang tetapi berpikir seperti ini; apakah sesuatu yang telah dilarang Allah untuk kebaikan kita sendiri benar-benar akan membantu kita pada akhirnya? 

mendengarkan musik bukan hanya gangguan besar tetapi juga hanya akan menghilangkan berkah dan pahala yang Anda peroleh karena mencari ilmu sejak awal*. 

Ini juga akan membuat lebih mudah untuk terputus darinya sepenuhnya selama Ramadhan. Perluasan untuk ini adalah menahan diri dari perbuatan buruk secara umum (misalnya fitnah, berbohong, bersumpah…)


c. Salah

Jika Anda salah satu orang yang bergumul dengan shalatnya*, sekaranglah saatnya untuk membiasakan shalat mereka. Tolong, tolong, tolong jangan abaikan shalat Anda. Saya tahu ujian itu penting, tetapi pada akhirnya, agama Anda dan Allah harus didahulukan. Juga, beberapa menit yang Anda luangkan lima kali sehari bukanlah hal yang sia-sia. 

Jika ada, mereka hanya akan berkontribusi pada kesuksesan Anda. Mirip dengan bagaimana dengan orang tua Anda, berkat Allah akan membantu Anda s o banyak . Ketika Anda mulai berdoa, shalat lima waktu Anda, mulailah berdoa sesegera mungkin. 


d. Berusahalah

Saya tahu saya telah menekankan untuk mendapatkan berkah dari orang tua Anda dan dari Allah banyak, tetapi pada akhirnya, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa jika Anda tidak berusaha. 

Meskipun sangat penting untuk mencari berkah dan pahala sebanyak yang Anda bisa, Allah tidak akan dapat membantu Anda kecuali Anda layak mendapatkannya dan membantu diri Anda sendiri terlebih dahulu. 

Silakan mencoba yang terbaik dan mencari bantuan dari Allah. Itulah satu-satunya cara Anda akan berhasil dengan kemampuan terbaik Anda.


e. Puasa 

Mayoritas ujian akan dilakukan selama Ramadhan dan percayalah, saya tahu betapa menggodanya menggunakan ujian sebagai alasan untuk tidak berpuasa tapi tolong, pastikan Anda berpuasa Ramadhan ini. 

Perjuangan yang akan Anda lalui ini akan menguntungkan Anda dalam banyak hal, salah satunya adalah meningkatkan berkah* dalam jawaban Anda. 

Ini juga akan membantu menjaga pikiran Anda tetap jernih dan fokus seperti ketika Anda sedang berpuasa, detail yang tidak penting dan kecil tampaknya tidak memiliki ruang di pikiran Anda. tolong jangan biarkan ujian menghentikan Anda dari menuai manfaat puasa.

( catatan: ini tidak berlaku jika Anda sakit dan merasa seolah-olah Anda akan benar-benar pingsan saat ujian)

  • Beberapa pengingat tips lainnya
  • Revisi sementara bersih secara spiritual (keadaan wudhu).
  • Jangan begadang untuk merevisi. tidurlah setelah sholat isya dan mulailah merevisi setelah sholat subuh.
  • Selalu berdoa kepada Allah di setiap kesempatan.
  • Biasakan untuk melakukan perbuatan baik.


Doa untuk ujian:

اشْرَحْ لِي لِي احْلُلْ لِسَانِي ا لِي 

Rabb-ishrah li sadri, wa yassir li 'amri, Wah-lul 'uqdatam-min-li-saani, Yaf-qahuu qawlii 

Ya Tuhanku! Buka untukku dadaku (berilah aku kepercayaan diri, kepuasan, dan keberanian); Kemudahan tugas saya untuk saya; Dan singkirkan halangan dari ucapanku, agar mereka mengerti apa yang aku katakan.

Akhir Kata

Itulah artikel terkait mengenai 5 Tips Belajar yang Efektif Menurut Islam yang dapat Anda jalankan disekolah maupun dikehidupan sehari hari. Semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel