Simak! Alasan mengapa HP Android Anda Lemot

Belajarjp.Com - Sebagai pengguna HP Android, Anda tentunya pernah merasakan bahwa ponsel Anda semakin lama digunakan menjadi semakin lemot, setelah pemakaian dalam jangka waktu cukup lama. 

Memang tidak dapat disangka kembali, usia HP Android yang semakin tua, memang akan menurunkan performans HP. 

Hal ini dapat ditandai dengan semakin lemotnya HP Android Anda dalam memberikan respon seketika memulai dinyalakan atau digunakan, sehingga beberapa menu atau pun aplikasi sulit diaplikasikan maupun dijalankan.

HP Android yang memulai lemot sebetulnya disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah fragmentasi yang telah terjadi pada memori atau pun media penyimpanan di HP Android Anda.

Untuk mengetahui mengapa HP Android Anda lemot? Yuk simak selengkapnya.


Simak! Alasan mengapa HP Android Anda Lemot

Penyebab dan alasan mengapa HP Android Anda Lemot
        Sumber Gambar : https://media.istockphoto.com/

Memang tidak dapat dipungkiri, Anda pastinya banyak melakukan aktivitas lewat HP pintar. 

Ragam aktivitas seperti bermain media sosial, berkirim surat elektronik, menonton video atau film, hingga bermain game merupakan aktivitas yang sering dilakukan lewat HP Android.

Akan tetapi, tanpa disadari, semakin lama penggunaan dan kesibukan HP, maka akan memenuhi media penyimpanan yang ada di ponsel sekaligus membuat HP Anda semakin lemot. 

Selain itu, beberapa aplikasi popular seperti Facebook, Whatsapp, Instagram menjalankan layanannya di 'background' meskipun ponsel tidak sedang digunakan. Terlebih, ribuan perintah operasi terjadi setiap hari pada satu HP Android. 

Apabila proses tersebut tidak terlaksana dengan baik, maka akan menimbulkan fragmentasi yang membuat HP Android lemot. 

Fragmentasi tersebut dapat timbul karena banyak faktor, mulai dari faktor level kernel, sistem file, hingga ke lapisan penerjemah kilat (FTL) dari memori tersebut sehingga diperlukan tes untuk menentukan penyebab sebenarnya dari fragmentasi tersebut.

Penyebab lainnya HP Android Lemot yaitu karena Anda mengunduh terlalu banyak fitur atau aplikasi, bahkan Anda tentu akan mengunduh lebih banyak aplikasi seiring bertambahnya kebutuhan pada penggunaan ponsel Anda. 

Dari beberapa aplikasi yang diunduh kemungkinan ada aplikasi yang akan langsung terbuka saat ponsel Anda dinyalakan dan bekerja di 'background'. Terlebih jika Anda mengunduh banyak aplikasi yang bekerja di 'background', tentunya ini akan membebani CPU, memakan RAM, dan memperlambat HP Anda.

Berikutnya, penggunaan live wallpaper atau fitur widgets dalam jumlah besar di layar beranda juga akan membebani CPU, kartu grafis, dan memori Anda, bahkan membuat media penyimpanan menjadi penuh sehingga sistem operasi bekerja sangat lambat dalam menuliskan perintah pada sistem file. 

Selanjutnya, file cache juga cukup mengonsumsi media penyimpanan jika dibiarkan terus menerus. Oleh sebab itu, membersihkannya secara rutin akan mengurangi penggunaan memori dari ponsel. 

Untuk melakukan cek terhadap media penyimpanan dan memori yang sudah terpakai, Anda hanya perlu membuka bagian pengaturan, dan mulai membersihkan file yang tidak perlu atau cache yang memberatkan performansi HP Android Anda.

Berikut cara agar HP Android Anda tidak lemot

  1. Pastikan media penyimpanan tidak penuh
  2. Kurangi penggunaan aplikasi yang berat
  3. Jika hal di atas tidak berhasil, lakukan 'Factory Reset'

Akhir Kata
Itu adalah pembahasan mengenai Alasan mengapa HP Android Anda Lemot yang dapat anda ketahui. HP Android yang lemot atau lambat memang sangat menggagu, apalagi HP yang digunakan untuk keperluan Bisnis atau Usaha, akan tetapi kita dapat memecahkan permasalah tersebut dengan cermat agar HP Android yang kita gunakan dapat berfungsi normal kembali. Mungkin cukup saja saja disini, semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel