Cara Menjaga Keamanan Komputer PC yang Mudah

Belajarjp.Com - Dasar sistem komputer merupakan penghubung antar sebuah komponen yang ada didalam komputer PC. Sistem komputer PC adalah komponen yang berhubungan antar bagian. 

Berikutnya, setiap komponen ini bisa terhubung serta melakukan tugas sesuai perintah pengguna komputer PC. 

Pada umumnya, komponen yang telah ada didalam sistem komputer PC terbagi menjadi 3 bagian utama diantaranya adalah perangkat hardware, perangkat brainware dan perangkat software.

Adapun fungsi lain sistem komputer PC adalah sebagai peginput data yang telah ada, memproses data yang telah masuk, menghasilkan data dari pengiinputan yang telah dimasukkan, serta menyimpan data yang di perlukan. 

Karena mempunyai fungsi yang begitu penting, sistem komputer harus selalu dijaga keamanannya, terlebih lagi komputer PC yang didalamnya tersimpan file atauppun data data penting dan rahasia yang akan menimbulkan keberantakan apabila data ataupun file itu hilang ataupun rusak.

Maka dari itu, berikut ini adalah langkah dan Cara Menjaga Keamanan Komputer PC yang Mudah yang dapat Anda terapkan untuk menjaga sebuah keamanan sistem didalam komputer PC Anda.


Cara Menjaga Keamanan Komputer PC yang Mudah

Cara Menjaga Keamanan Komputer PC dengan Mudah
                         Sumber Gambar : Pixabay.Com

a. Gunakan AntiVirus dan Rutin Melakukan Update

AntiVirus adalah sebuah perangkat lunak yang diciptakan untuk menangkal virus, memberikan perlindungan serta keamanan data dan sistem di komputer PC. 

Virus dapat menyerang komputer PC yang tidak di lindungi AntiVirus. AntiVirus adalah hal yang wajib yang harus digunakan untuk menjaga sistem komputer Anda. AntiVirus merupakan penjaga agar berbagai macam virus tidak bisa masuk dan merusak data serta file di dalam komputer.

Untuk memiliki hasil yang memuaskan, jangan menggunakan AntiVirus yang tidak resmi atau bajakan. 

Tetapi, apabila tidak mempunyai budget untuk membeli AntiVirus yang asli, Anda dapat menggunakan antiVirus yang gratis yang tentu kehebatannya pun tidak kalah untuk membasmi virus virus. Antivirus gratis maupun berbayar yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah Smadav, AVG, Avira, Norton, McAfee Secure, Kaspersky dan lain sebagainya.. 


Selanjutnya Rutin Melakukan Update, agar sistem dalam komputer Anda tetap terjaga, jangan lupa untuk selalu mengupdate komputer. Memperbarui atau mengupdate sistem operasi komputer Anda adalah salah satu langkah terpenting dalam melindungi komputer dari virus, malware dan ancaman lainnya dari internet. 

Melakukan pembaruan sistem pada komputer adalah perihal yang wajib dilakukan bagi seseorang yang secara aktif menggunakan komputer sebagai alat kerjanya. 

Pembaruan atau update sistem komputer ini dapat memastikan performa perangkat yang dipakai untuk tetap prima dan relevan dengan perkembangan teknologi. Oleh sebab itu, bukan hanya antiVirus saja yang diupdate. 

Akan tetapi, semua operating sistem, software pun harus diupdate. Tidak ada software yang sempurna, karena setiap software pasti selalu memiliki celah yang dapat dibobol serta untuk menutup celah tersebut, langkah terbaiknya yaitu dengan cara mengupdatenya.


b. Berhati hati seketika melakukan Browsing dan Scan File yang didownload

Internet adalah sarang yang ideal untuk sejumlah software yang berbahaya seperti virus & malware, selain media penyimpanan Flashdisk. 

Untuk Anda yang sering browsing diinternet, adapun itu untuk mencari informasi, melihat berita terkini atau pun sekadar mencari materi tugas perkuliah, tentunya Anda harus berhati hati dengan sejumlah kemungkinan perangkat Anda disusupi program jahat yang dapat bersumber dari internet. 


Selanjutnya Scan file yang didownload, Virus diinternet biasanya tersebar melalui situs situs ilegal atau tidak resmi. Apabila tidak ingin terkena virus, maka jangan masuk ke situs situs atau website yang semacam itu. 

Selain itu, apabila ada situs yang tiba-tiba menampilkan kalimat jika kita mendapat hadiah, maka abaikan, karena itu merupakan virus internet yang bisa mengancam keamanan Komputer PC Anda. 

Apapun jenis file yang Anda download, Anda harus tetap menscan file tersebut menggunakan AntiVirus agar file tersebut benar-benar terbebas dari virus. Dibandingkan memperbaiki komputer yang sudah terserang virus, sebaiknya scan terlebih dahulu file yang didownload.


c. Berhati hati dengan Pesan Email Spam

Terakhir anda dapat antisipasi dari pesan email yang tidak dikenal atau spam. Cara virus diinternet tersebar dapat kemungkinan dikirim melalui email. 

Jika Anda mendapatkan email yang berupa file BAT / VBS / EXE dan dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal, maka itu dapat saja adalah virus yang dapat mereboot sistem dalam sistem komputer PC Anda. 

Apapun yang telah terjadi, usahakan Anda tidak mengklik tautan secara langsung email tersebut yang dirasa mencurigakan. Untuk memantau alamat yang Anda tuju ketika mengklik email tersebut adalah dengan mengarahkan kursor ke tautan itu. Kemudian, akan secara otomatis alamat asli tautan tersebut akan terlihat di pojok kiri bawah laman browser / layanan email Anda. 

Apabila Anda melihat dengan seksama, maka email email berbahaya itu akan mempunyai alamat web yang aneh serta tidak berhubungan dengan pengirim email itu.


Akhir Kata

Uraian diatas adalah Cara Menjaga Keamanan Komputer PC yang Mudah untuk anda coba agar Komputer PC anda tetap aman dan nyaman saat digunakan. Informasi diatas merupakan langkah langkah yang dimana untuk mengantisipa penyerang virus yang tidak dapat terduga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel